Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Sedikit awan, 23.5 ° C

Setor Uang Ingin Jadi Kepala Sekolah Bisa Terjerat Hukum

Nurhandoko
BUPATI Ciamis Herdiat Sunarya minta kepala sekolah, guru, termasuk pengawas berani menolak pungutan dengan dalih untuk peningkatan karir, Senin 19 Agustus 2019.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR
BUPATI Ciamis Herdiat Sunarya minta kepala sekolah, guru, termasuk pengawas berani menolak pungutan dengan dalih untuk peningkatan karir, Senin 19 Agustus 2019.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

CIAMIS.(PR).- Kepala sekolah termasuk guru diminta berani menolak praktik pungutan liar yang dilakukan oleh oknum tertentu dengan alasan peningkatan karier. Salah satu model pungutan yang terjadi dengan dalih untuk pengurusan kepindahan maupun kenaikan pangkat serta lainnya.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya ketika melakukan silaturahmi dengan jajaran kepala sekolah TK SD, SMP, termasuk pengawas di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Senin 19 Agustus 2019.  

“Kepala sekolah jangan mau diperas, tolak saja dan segera laporkan. Mau menjadi kepala sekolah harus membayar, itu tidak benar. Tidak perlu setor uang. Dan jangan sampai ke depan terjerat hukum,” kata Herdiat.

Dia mengaku prhantin dengan desas-desus adanya pungutan oleh oknum dengan alasan untuk kenaikan pangkat atau jabatan. Apabila terbukti, lanjutnya pejabat atau oknum peminta justru yang bakal dipindah atau rotasi. Herdiat menegaskan tidak segan untuk menjatuhkan sanksi tegas, tentunya hal itu sesuai dengan peraturan disiplin ASN.

“Saya dengar mau pindah saja harus ngasih-ngasih, Jika ketahuan paling tidak oknum atau bandar yang menarik harus mengembalikan sejumlah yang telah diterimanya. Soal sanksi juga sudah ada aturan untuk kalangan ASN,” tuturnya.

Herdiat pun mengungkapkan pernah mendatkan pengalaman ketika menjadi Sekretaris Daerah. Pada suatu waktu,  pernah kedatangan kepala UPTD yang datang ke rumah dinas dengan maksud minta posisi. Tentu saja, lanjunya permintaan tersbeut ditolaknya dengan tegas.

“Untuk mutasi, rotasi dan lainnya tentu harus tetap mengacu pada prosedur, mekanisme yang tekah digariskan. Ketika mendapatkan posisi dengan menyerahkan sejumlah uang, saat bekerja pun tidak akan fokus. Kepala sekolah harus punya mental sebagai petarung, tegas, dispilin menegakkan aturan,” ujarnya.

Dalam kesmepatan tersebut Bupati Ciamis Herdiat juga mengingatkan aparaturnya di lingkungan Dinas Pendidikan agar tidak banyak melakukan pungutan baik formal maupun nonformal. Hal itu untuk mengantisipasi agar kepala sekolah dapat bekerja lebih baik.

“Saya ingin kepala sekolah maupun guru tetap menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. Lebih baik meningkatkan kinerja demi membimbing generasi muda mendatang yang lebih bagus,” tambahnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Andang Fiman juga menguatkan pandangan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya tersebut. Dia berharap agar kepala sekolah dan guru tetap bekerja sebaik mungkin demi mencerdaskan anak bangsa.***

Bagikan: