Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 22.1 ° C

Banyak Anak Tidak Diterima di Sekolah Negeri, Dibangun Dua SMP Baru

Tim Pikiran Rakyat
LOGO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.*/KEMDIKBUD.GO.ID
LOGO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.*/KEMDIKBUD.GO.ID

SERANG, (PR).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan membangun dua gedung sekolah tingkat SMP di Kecamatan Kasemen dan Cipocok Jaya pada tahun 2020. Rencana pembangunan ini merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Serang. Di samping dukungan terhadap sistem zonasi sekolah di tiap kecamatan di Kota Serang.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang, Nanang Saefudin mengatakan, pada tahun 2020 Pemkot telah merencakan dan menganggarkan untuk membangun gedung sekolah di dua kecamatan itu. Mengingat di daerah tersebut belum memiliki gedung sekolah tingkat SMP. Sehingga banyak anak-anak sekolah yang seharusnya masuk ke sekolah negeri, karena adanya zonasi akhirnya mereka masuk ke swasta.

"Zonaisasi penerimaan SMP banyak juga anak-anak yang seharusnya masuk SMP Negeri tapi tidak masuk. Maka, kami akan membangun dua gedung sekolah. Saat ini baru pengkajiannya, baru FS (Feasibility Study), fisiknya itu nanti di tahun 2020. Jadi masih banyak hal yang akan kami lakukan di tahun kedepan," katanya, Minggu 18 Agustus 2019.

Saat ini, kata dia, banyak program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh Pemkot Serang. Mulai dari penataan kota, infrastruktur jalan, hingga membangun kualitas SDM yang mumpuni. Namun ada tiga program yang akan didahulukan oleh pemerintah. Diantaranya adalah membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan membangun gedung sekolah tersebut.

"Ada banyak janji-jani politik dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang pada saat itu. Sehingga program ini harus kami lakukan di tahun mendatang. Seperti tadi disebutkan, selain RTH, pemerintah juga akan membangun gedung sekolah. Kemudian memberikan kadeudeuh (ucapan terimakasih) kepada guru ngaji dengan memberikan uang sebesar Rp 200 ribu per bulannya," ujarnya.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Ushuludin juga mengatakan, program prioritas selain RTH adalah membangun dua gedung sekolah baru. Sedangkan untuk RTH rencananya akan dibangun di enam kecamatan. Namun, kata dia, tidak di tahun 2020, melainkan ditahun-tahun berikutnya secara bertahap. 

"Lima tahun di era kami ini semuanya (enam kecamatan) akan dibuat. Tapi untuk ditahun pertama kami anggarkan dua RTH di Kecamatan Walantaka dan Kasemen, serta pembangunan dua gedung sekolah baru. Ini kami lakukan dalam rangka peningkatan kualitas SDM di Kota Serang," katanya kepada wartawan Kabar Banten, Rizki Putri.***

Bagikan: