Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 23.3 ° C

886 Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah se-Jabar

Sarnapi
KEPALA Kemenag Jabar, A. Buchori, saat berpidato dan membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jabar di Hotel Cianjur, Rabu 14 Agustus 2019.*/SARNAPI/PR
KEPALA Kemenag Jabar, A. Buchori, saat berpidato dan membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jabar di Hotel Cianjur, Rabu 14 Agustus 2019.*/SARNAPI/PR

CIANJUR,(PR).- Sebanyak 886 siswa terdiri atas 162 siswa MI,  243 siswa MTs dan 486 siswa MA se-Jawa Barat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Jawa Barat di Cipanas, Cianjur, dari Rabu-Kamis 14-15 Agustus 2019. Para siswa akan berlomba dalam mata pelajaran sains dan matematika yang terintegrasi dengan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jabar, Abudin, saat pembukaan KSM MI, MTs dan MA tingkat Jawa Barat di Hotel Cianjur, Rabu 14 Agustus 2019. 

Pembukaan KSM dilakukan Kepala Kanwil Kemenag Jabar A. Buchori didampingi Plh Sekda Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib. "Adanya KSM ini untuk memberikan wadah lomba yang mendidik sekaligus sportif bagi para siswa madrasah," kata Abudin.

Sedangkan Plt Bupati Cianjur Herman Suherman, dalam sambutan dibacakan Budi Rahayu Toyib menyatakan, KSM akan menjadi ajang kreativitas dan pengembangan keilmuan di lingkungan siswa madrasah. "Dari ajang ini juga untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan di antara para guru dan siswa madrasah ae-Jawa Barat," katanya.

Sementara itu, A. Buchori mengatakan,  KSM diharapkan menghasilkan siswa terbaik untuk mewakili Jawa Barat dalam KSM Nasional dari 16-20 September. "KSM merupakan program unggulan Kemenag yang telah berhasil meningkatkan kompetensi siswa madrasah dalam bidang sains dan matematika. Kedua bidang ini kerap menjadi kelemahan siswa madrasah," ujarnya.

Buchori mengakui tantangan persaingan makin ketat termasuk dalam penguasaan sains dan Matematika ini. "Dunia teknologi tak bisa terpisahkan dari masyarakat sehingga harus dikuasai siswa-siswa madrasah. KSM dari tingkat kabupaten/kota sampai provinsi dan nasional semuanya terintegrasi dan dipantau Kemenag pusat," ucapnya.

Sementara itu, kontingen KSM Kota Cimahi juga tak mau kalah dengan menargetkan bisa meraih juara umum KSM tingkat Jawa Barat ini. "Kami sudah  melakukan pemusatan latihan bagi siswa-siswi yang akan ikut KSM tingkat Jabar. Tiap kabupaten/kota mengirimkan 33 siswa baik dari MI, MTs dan MA," tambahnya.***
 

Bagikan: