Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Cerah, 28.3 ° C

Sistem Zonasi, Dekatkan Rumah Guru ke Sekolah

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI guru.*
ILUSTRASI guru.*

SERANG, (PR).- Sistem zonasi guru yang akan diterapakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dimaksudkan untuk mendekatakan tempat tinggal pendidik dengan sekolah. Sehingga guru lebih efektif dalam menjalankan aktivitasnya tetapi tidak mengesampingkan kuantitas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala SMAN 1 Jawilan Rustomi Effendi, di SMAN 1 Jawilan, terkait rencana Kemendikbud, Selasa 13 Agustus 2019.

“Adanya sistem zonasi, guru yang jarak tempat tinggal dengan sekolah cukup jauh bisa didekatkan. Namun harus merata di setiap sekolah dan bukan berarti guru menumpuk di satu sekolah. Sistem zonasi intinya pemerataan, maka ada jarak yakni 20 kilometer jarak rumah ke sekolah dimulai dari di rotasi dahulu,” kata Rustomi kepada wartawan Kabar Banten, Denis Asria.

Ia mengatakan, prinsipnya mendukung kebijakan pemerintah kalau sudah di analisis. Termasuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sama, cuma zonasinya nanti dikembangkan oleh Dinas Pendidikan jangan dari pemerintah daerah.

“Zonasinya dalam satu wilayah tertentu, misalnya dari kelompok timur, utara, selatan dan barat  sehingga dapat lebih efektif dan anak-anak yang memiliki prestasi bagus tersebut tidak keluar dari zonasi,” katanya.

Perlu diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, sistem zonasi dan rotasi guru dilakukan untuk pemerataan kualitas pendidikan.

“Sistem zonasi dalam PPDB dan rotasi guru merupakan upaya pemerintah yang bertujuan untuk pemerataan pendidikan,” tegasnya.***
 

Bagikan: