Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 20.3 ° C

Indonesia Juara Umum Olimpiade Geografi Dunia di Hongkong

Erwin Kustiman
null
null

HONGKONG, (PR).- Tim Indonesia meraih gelar juara umum International Geography Olympiad (IGEO) 2019 yang merupakan ajang bergengsi kompetensi akademik bagi siswa SMA seluruh dunia di bidang geografi. Pada tahun ini, IGEO  merupakan ajang ke 16 yang diselenggrakan di Hongkong, sejak 29 Juli hingga 5 Agustus 2019.

Indonesia memperoleh skor total 262,91, Amerika Serikat 254,62, dan Inggris Raya memperoleh 252,19. Indonesia memperoleh medali emas sebanyak dua atas nama Fernando (SMA Sutomo 1 Medan) dan Fayola (SMA Methodis 1 Medan), serta dua medali perak atas nama Agista Kumala Dewi (SMA Semesta Semarang) dan Hadyan Anshori (MAN Insan Cendekia Gorontalo).

Tim Indonesia merupakan hasil seleksi ketat sejak tingkat kabupaten/kota, provinsi dan tingkat nasional. Juara nasional, sebelum mengikuti ajang internasional dilatih secara berjenjang selama 4 kali, dengan melibatkan instruktur dosen dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Badan Informasi Geospasial (BIG). Tim Indonesia dipimpin langsung oleh Dr. Syamsul Bachri (ITB) dan Dr. Mamat Ruhimat (UPI).

Bidang yang diujikan meliputi written response test (WRT), multimedia test (MMT) dan field work test (FWT). “Sepanjang 16 kali perhelatan, pada tahun ini untuk pertama kalinya Indonesia berhasil meraih predikat yang sangat membanggakan, yakni menjadi juara umum. Tahun 2019, ajang Olimpiade Geografi Internasional diikuti oleh 44 negara,” ungkap Mamat Ruhimat.

Sementara Syamsul Bachri mengatakan, keberhasilan Indonesia tahun 2019 di ajang olimpiade geografi internasional sangat membanggakan dan sekaligus merupakan tantangan. “Sebab, mempertahankan di tahun yang akan datang akan jauh lebih berat,” katanya.

Berdasarkan International Meeting Board, pada tahun 2021 Indonesia berhasil dipercaya untuk menjadi tuan rumah. Sementara IGEO tahun 2020 akan diselenggarakan di Turki. Persiapan dan keberangkatan Tim Indonesia sepenuhnya didukung oleh Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional.***

Bagikan: