Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 24.7 ° C

Anggota Pramuka Siap Berkemah di 30 Kecamatan

Tim Pikiran Rakyat
SUASANA rapat koordinasi menjelang peringatan HUT Gerakan Pramuka di gedung Puri Kitri Kwarcab.Subang.*/DALLY KARDILAN/GALAMEDIA
SUASANA rapat koordinasi menjelang peringatan HUT Gerakan Pramuka di gedung Puri Kitri Kwarcab.Subang.*/DALLY KARDILAN/GALAMEDIA

SUBANG, (PR).- Hari ulang tahun (HUT) ke-58 pramuka yang biasa diperingati setiap tanggal 14 Agustus, bakal diperingati meriah  di Kabupaten Subang. Selain upacara dipusatkan di Alun-alun Kecamatan Sagalaherang juga diselenggarakan Gema Pramuka tersebar di 30 Kecamatan.

Hal ini terungkap saat dilaksanakan  rapat koordinasi jajaran pengurus Kwaran Cabang (Kwarcab) Pramuka dengan ranting di Gedung Puri Kitri, Jalan Ki Hajar Dewantara Subang, Rabu 31 Juli 2019.  Bahkan untuk jajaran penegak dan pandega menyelenggarakan kegiatan khusus Raimuna tahun 2019 di bukit perkemahan Ranggawulung, akhir Agustus 2019.

Ketua Kwarcab Pramuka Subang, H.Cecep Supriatin, MSi mengatakan, sebenarnya Gema Pramuka rutin dilaksanakan setiap tahun sekali, ada yang terpusat ada juga tersebar.  “Untuk tahun ini tersebar di 30 kecamatan dengan waktu diserahkan kepada kwartir ranting (Kwarran) masing-masing kecamatan. Gema pramuka sendiri merupakan yang ke-49,” jelasnya.

Ia menyebutkan, tujuan Gema Pramuka untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan dan kode kehormatan pramuka yaitu, Tri Satya dan Dasa Dharma.

“Untuk waktunya sendiri diperkirakan pada tanggal 10 – 30 September tergantung kesiapan di masing-masing kwarran. Sedangkan untuk tema ‘Semangat membangun karakter generasi muda yang mandiri menuju Subang  Jawara’. Tema ini merupakan penjabaran dari tema nasional siap sedia membangun keutuhan NKRI,” ucap H.Cecep kepada wartawan Galamedia, Dally Kardilan.

Di bagian lain, Ketua Kwarcab mengungkapkan apel besar memperingati HUT Pramuka yang akan diperingati di Kecamatan Sagalaherang Subang. Pemusatan ini merupakan kegiatan baru untuk lebih mendekatkan pramuka kepada masyarakat dan bisa berbakti kepada lingkungan khususnya dalam memberikan pembelajaran kepada generasi muda.

Demikian pula, kegiatan raimuna penegak – pandega yang diinisiasi oleh dewan kerja cabang (DKC) direncanakan pada tanggal 26 – 29 Agustus 2019 dengan tema ‘Pramuka berkarya menuju Subang Jawara’. Bahkan slogan kegiatannya sendiri berakronim Raimuna Subang  Jawara, jangkau masa depannmu, wadahi mimpimu, raih prestasimu.***

Bagikan: