Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sedikit awan, 16.1 ° C

Bullet Journal, Metode Mencatat Pengasah Kreatifitas

Tim Pikiran Rakyat
BULLET journal/STUDYRIFAH
BULLET journal/STUDYRIFAH

MEMPUNYAI catatan adalah salah satu kunci sukses perkuliahan. Catatan punya peran penting dalam persiapan menjelang ujian. Namun, terkadang catatan yang biasa-biasa saja sangat membosankan dan menghambat proses belajar.

Untuk mengatasinya, bullet journal bisa jadi solusi agar catatan lebih menarik dan terorganisasi. Bullet journal atau bujo adalah sistem perencanaan yang bersifat analog dan membantu mengatur serta melakukan rutinitas menjadi lebih terfokus dan terorganisasi. Bullet journal pertama kali dipopulerkan Ryder Caroll, desainer produk digital dari Austria.

Kelebihan metode bullet journal adalah adanya ruang untuk mengombinasikan tulisan dengan gambar,diagram, atau kaligrafi dalam satu buku. Dapat juga menulis dengan berbagai gaya seperti mind map, poin-poin, atau to-do list.

bullet journal berpotensi menghadirkan kreatifitas. Banyak orang yang tertarik dengan bullet journal karena tampillannya yang menarik. Berikut ini 5 langkah mudah yang dapat dilakukan untuk membuat bullet journal

1. Gunakan binder

Buku catatan yang memiliki pembatas antarhalaman dapat digunkaan untuk mengaur catatan. Jadi, tidak perlu membawa banyak buku ke kelas setiap harinya. Pembagi yang ada dalam binder dapat kamu gunakan untuk memisahkan materi setiap mata kuliah.

2. Gunakan pena atau stabilo berwarna

Membuat kode warna pada catatan dapat membantu mengatur pelajaran di kelas. Spidol, stabilo, atau pena berwarna dapat digunakan untuk menekankan topik yang dibahas. Kemudian, gunakan pena hitam untuk menulis materi yang terkait topik tersebut.

BULLET journal/DILSTUDIES

3. Gunakan font yang menarik

Buatlah header atau judul dengan font yang menarik dan ukuran huruf yang lebih besar. Bisa juga meniru berbagai font unik yang bertebaran di jagat maya.

BULLET journal/_LIGHTTEARS_

4. Berlatih handlattering

Tidak semua orang bisa menulis dengan rapi dan bagus. Untuk itu, seringlah berlatih handlattering dengan meniru tata cara penulisan font menarik melalui YouTube atau media sosial lainnya.

BULLET journal/ANICESSTUDY

5. Tambahkan aksen-aksen lucu

Agar lebih menarik, bisa menambahkan beberapa aksen lucu dalam catatan seperti doodle, ilustrasi, aksen pembagi sub bab, dan lainnya.

BULLET journal/NICOLEGRACESTUDIES

Pada dasarnya, catatan yang baik adalah catatan yang dapat membantu mengingat dan memahami apa yang telah dipelajari di kelas dengan lebih mudah.

Metode bullet journal bukan hanya menjadikan catatan lebih keren tetapi juga membantu memotivasi dalam membaca catatan pelajaran. Dengan begitu, belajar menjelang ujian tidak akan membosankan. (Maulinawati)***

Bagikan: