Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 28.1 ° C

65 Persen Lulusan SMKN 2 Kota Serang Terserap Dunia Industri

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI SMK.*/ANTARA
ILUSTRASI SMK.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Sekitar 65 persen lulusan SMKN 2 Kota Serang terserap ke dunia industri setiap tahunnya. Untuk menekan tingginya pengangguran, lulusan SMK didorong menjadi wirausaha ataupun melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Kota Serang Adi Suprianto, di ruang kerjanya di SMKN 2 Kota Serang, Jumat 19 Juli 2019.

“Setiap tahun lulusan SMKN 2 Kota Serang terserap kerja, sisanya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi serta berwirausaha.  Tahun akademik 2017/2018 kami meluluskan 756 dan yang sudah terserap bekerja yakni 413 orang,” kata Adi kepada wartawan Kabar Banten, Denis Asria.

Ia mengatakan,  siswa SMK  dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan lapangan industri. SMK memiliki tiga kesempatan untuk menentukan arah mau ke mana, seperti berwirausaha, bekerja, dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Kurikulum yang diajarkan menyesuaikan kebutuhan industri. Selain itu SMK difokuskan untuk siap bekerja, kalaupun ada yang memilih melanjutkan ke perguruan tinggi itu merupakan pilihan mereka. Kalau di sini ada siswa yang tidak mampu, tentu dia pasti menginginkan langsung bekerja meringankan beban orangtua. Kalau yang ingin melanjutkan tentu kembali lagi ke siswanya,” ujarnya.

Ia mengatakan, sekolah juga melakukan rekrutmen bekerja sama dengan perushaan untuk menyalurkan siswa yang ingin bekerja. Hal tersebut dilakukan agar siswa lebih mudah untuk melakukan rekrutmen dibandingkan harus di luar sana.

“Kami melakukan rekrutmen di sekolah bersama perusahaan, agar siswa kami sebelum lulus sudah dapat bekerja,” ucapnya.***
 

Bagikan: