Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Umumnya berawan, 25 ° C

Indramayu Masih Kekurangan Guru SD

Gelar Gandarasa
null
null

INDRAMAYU, (PR).- Indramayu masih membutuhkan banyak guru sekolah dasar berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Guru yang ada saat ini masih terbilang minim. Untuk menutupinya, pemerintah daerah menggunakan jasa guru honorer.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Malik Ibrahim mengatakan, guru SD PNS di Indramayu ada sekitar 3.000 orang. Mereka tersebar di 886 sekolah yang ada di Kabupaten Indramayu. “Setiap sd rata-rata memiliki tujuh rombel. Kalau dikalikan berarti sekitar 6.000 jumlah idealnya,” katanya, Rabu 17 Juli 2019.

Untuk menutupi kekurangan pemerintah daerah memakai tenaga dari guru honorer. Hal itu perlu dilakukan agar proses pembelajaran berlangsung lancar. Dia mengatakan, pengangkatan guru sudah lama tak dilakukan. Pada pengangkatan tahun ini, Indramayu hanya kebagian 100 CPNS saja. Diperkirakan jumlah guru akan terus menyusut mengingat setiap tahunnya ada guru yang memasuki masa pensiun.

Anggota DPRD Indramayu Ruswa mengaku, prihatin dengan kondisi kurangnya guru di Indramayu. Apalagi hal itu sudah berlangsung sejak lama. Untuk itu, diharapkan pemerintah bisa mengangkat para guru menjadi PNS dan P3K secara bertahap. “Itu sekaligus bisa memperbaiki kesejahteraan para guru honorer,” ungkapnya.***

Bagikan: