Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Empat Aspek Ini Harus Diperhatikan Mahasiswa Rantau Saat Mencari Hunian

Tim Pikiran Rakyat
MENENTUKAN pilihan/SHUTTERSTOCK
MENENTUKAN pilihan/SHUTTERSTOCK

MUSIM penerimaan mahasiswa baru telah tiba. Mahasiswa baru dari berbagai daerah akan memulai petualangan di tanah rantau. Berbagai keperluan dibutuhkan guna memenuhi kehidupan di lingkugnan baru, salah satunya adalah tempat tinggal.

Meski beberapa kampus menyediakan asrama bagi mahasiswa atau bahkan mewajibkan mahasiswa baru tinggal di asrama selama waktu tertentu, kebanyakan mahasiswa enggan tinggal di asrama karena berbagai alasan.

Maka, pilihan yang ada adalah tinggal di kamar indekos. Namun, memilih kamar indekos bukan perkara sepele, terutama bagi yang baru pertma kalinya. Berikut ini sejumlah aspek yang harus diperhatikan saat mahasiswa baru mencari hunian:

Informasi dari kerabat atau aplikasi digital

Jika memiliki kerabat atau saudara yang sedang berkuliah di tempat yang sama, sebaiknya minta saran mereka.

Bila tidak ada kerabat, saat ini banyak tersedia akun media sosial bahkan aplikasi yang khusus menawarkan informasi hunian bagi mahasiswa. Biasanya terdapat berbagai tipe hunian bagi mahasiswa seperti indekos, rumah kontrakan, bahkan apartemen. Harga yang ditawarkan bervariasi dengan jangka sewa per bulan hingga per tahun.

Dekat kampus

Sebaiknya cari lokasi yang dekat dengan kampus. Hal itu akan memudahkan mobilisasi mahasiswa ke kampus agar waktu tempuh tidak terlampau lama.

Dekat rumah makan

Sebaiknya pilih tempat tinggal yang dekat dengan rumah makan. Saat ini banyak aplikasi ojek online yang memudahkan konsumen membeli berbagai keperluan termasuk makanan. Namun bagi mahasiswa yang ingin berhemat, hal tersebut sebaiknya dikurangi agar pengeluaran tidak membengkak.

Pemilihan lokasi hunian yang dekat dengan rumah makan juga akan mempercepat adaptasi karena dapat mengenal lingkungan sekitar dengan lebih baik.

Bersama teman sejurusan

Ada baiknya mengenal terlebih dahulu teman-teman sejurusan. Biasanya mahasiswa baru akan membuat grup di aplikasi percakapan atau media sosial untuk mempermudah komunikasi. Setelah itu, mencari tempat tinggal dan tinggal bersama ata berdekatan dengan teman sejurusan akan lebih memudahkan berbagai keperluan seperti menyelesaikan tugas-tugas kemahasiswaan. (Yasir Abdi Thoyib)***

Bagikan: