Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 22 ° C

APERTI BUMN Beri Beasiswa untuk 30 Calon Mahasiswa

Catur Ratna Wulandari
ILUSTRASI pemberian beasiswa.*/DOK. PR
ILUSTRASI pemberian beasiswa.*/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN memberi beasiswa kepada 30 calon mahasiswa yang mendaftar dan mengikuti seleksi pada perguruan tinggi anggota APERTI BUMN. 

Perguruan tinggi anggota APERTI BUMN antara lain Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Universitas Pertamina (UP), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dan Politeknik Pos (Poltekpos). 

Proses pendaftaran dan seleksi telah dimulai sejak Mei 2019 hingga Juni 2019. Pendaftar harus mengikuti seleksi berkas, selanjutnya tahapan tes online, dan akhirnya wawancara.

Sehingga pada Kamis, 11 Juli 2019, telah diumumkan 30 calon mahasiswa yang lulus beasiswa APERTI. Merek akan mendapatkan beasiswa penuh sampai lulus.

Wakil ketua APERTI BUMN sekaligus Rektor Telkom University Adiwijaya mengatakan, 30 calon mahasiswa itu merupakan kesepakatan antara 6 perguruan tinggi yang tergabung di APERTI BUMN. Masing-masing akan menerima 5 calon mahasiswa sesuai dengan seleksi di perguruan tinggi yang bersangkutan. 

“Tiga puluh calon mahasiswa itu merupakan hasil seleksi dari jumlah pendaftar yang mencapai 49.527 pendaftar," kata Adiwijaya melalui siaran pers yang diterima Pikiran Rakyat, Jumat, 12 Juli 2019. 

Dari jumlah itu, jumlah pendaftar di Tel-U sebanyak 19.179 orang, Universitas Pertamina sebanyak 18.345 orang, UISI sebanyak 4.104 orang, STT PLN sebanyak 3.521 orang, Poltekpos sebanyak 2.972 orang dan STIMLOG sebanyak 1.406 orang.

Adiwijaya menambahkan, jumlah pendaftar beasiswa ini melebihi perkiraan panitia. Rencananya, kuota penerima beasiswa ini akan ditambah pada tahun mendatang.

Ia menjelaskan, APERTI BUMN memiliki kelebihan berupa kedekatan dengan industri yang merupakan implikasi dari afiliasi masing-masing perguruan tinggi tersebut dengan BUMN yang menaunginya. Kedekatan dengan industri membuat mahasiswa perguruan tinggi anggota APERTI BUMN lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Salah satu wujud nyata kedekatan industri adalah kesempatan magang di BUMN yang menaungi perguruan tinggi anggota APERTI BUMN.***

Bagikan: