Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 20.3 ° C

FISIP Unpas Siap Menghadapi Era Industri 4.0

Tim Pikiran Rakyat
null
null

KUNINGAN, (PR).- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, bersiap mengadapi era Industri 4.0. Hal ini ditandai dengan melaksanakan share learning ke Thailand serta Riset dan Praktek (Ristek) di Kabupaten Kuningan belum lama ini. Kegiatan tahunan ini dalam rangka meningkatan kompetensi mahasiswa melalui program link and match, antara pendidikan tinggi dengan industri.

Dekan FISIP Unpas, Dr M. Budiana menegaskan, langkah strategis ini dilaksanakan perguruan tinggi agar mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampilan dalam teknologi digital.

"Lembaga mendorong inovasi teknologi melalui pengembangan start up dengan memfasilitasi inkubasi bisnis, agar lulusan Fisip Unpas selain diserap pada sektor Industri, tetapi menjadi wirausaha muda berbasiskan teknologi", ujarnya dalam keterangan kepada Pikiran Rakyat Online, 11 Juli 2019

Selain itu, ditambahkan Dekan FISIP  Unpas yang juga lulusan Doktor Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, kegiatan ini akan memberikan pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai kader yang melanjutkan pembangunan bangsa. "Mengembangkan kepekaan rasa dan kognisi sosial untuk membantu percepatan proses pembangunan nasional serta membentuk kader penerus yang mencerminkan nilai kepribadian bangsa, di antaranya berjiwa nasionalis bahkan Pancasila", ujarnya.

Langkah-langkah ini, menurut M.Budiana, menjadikan eksistensi FISIP Unpas sebagai lembaga Pendidikan berjenjang favorit di Jawa Barat. Hal itu, kata M.Budiana, tidak terlepas dari para lulusan fakultas pertama yang didirikan Unpas ini, terus bersumbangsih dalam melahirkan kader-kader bangsa.

”Alhamdulillah, berkat kepercayaan dari masyarakat, Fisip Unpas eksis melahirkan para pemimpin. Bahkan beberapa pimpinan daerah di Jabar lulusan Fisip Unpas, salah satunya adalah walikota Bandung sekarang.” Jelasnya.

Terlebih, semua jurusan yang ada di FISIP Unpas, yakni, jurusan Administrasi Publik, Kesejahteraan Sosial, Hubungan Internasional, Admisnistrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, sudah memiliki akreditasi A atau unggul.

”Akreditasi A itu menandakan Fisip Unpas mempunyai kualitas yang sama dengan universitas negeri. Akreditasi juga menjadi faktor penting untuk membentuk gererasi muda yang kreatif,” ujarnya.      

Sementara itu, Ketua jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unpas, Rasman Sonjaya mengatakan Share Learning Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unpas membahas terkait, Conversation and culture, Personal Branding, Intercultural Communications in Facing 4.0, Society and Politics in Tailand di International College Rajamanggala University Thailand.

"Program Share Learning ini bertujuan untuk memamahami komunikasi antar budaya di pelbagai hal mulai dari ekonomi, politik bahkan sosial, sehingga membentuk sudut pandang baru yang menjadi bekal mahasiswa dalam menghadapi Industri 4.0, dengan tetap memegang teguh nilai-nilai bangsa dan kesundaan", ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Prodi Administrasi Publik, Rudi Martiawan mengatakan ristek merupakan media penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat secara sistemik dalam program pemberdayaan masyarakat, "Mahasiswa akan dilatih kepekaan sosial, sehingga terlahir sebagai problem solver dan innovator dalam program percepatan pembangunan pemerintah, selain itu, prodi juga menumbuhkan jiwa-jiwa peneliti muda, eksploratif dan analisis bahkan mendorong leaming community dan leaming socienty" di era Industri 4.0, pungkasnya..***

Bagikan: