Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Lima Hal Unik Kehidupan Jatinangor yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

Tim Pikiran Rakyat
KAMPUS-KAMPUS di Jatinangor/YASIR ABDI THOYIB
KAMPUS-KAMPUS di Jatinangor/YASIR ABDI THOYIB

HASIL SBMPTN telah diumumkan Selasa 9 Juli 2019 ini. Mahasiswa baru yang telah diterima akan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari melengkapi syarat administrasi hingga pengenalan kampus.

Lingkungan yang baru serta jenjang yang lebih tinggi membutuhkan adaptasi bagi mahasiswa baru.

Bagi mereka yang diterima di Unpad (Universitas Padjadjaran) mungkin berpikir akan berkuliah di Kota Bandung. Banyak yang terkecoh karena sejatinya kampus utama Unpad berada di Jatinangor.

Gedung Rektorat Unpad.*/ADE MAMAD/PR

Jika masih buta tentang Jatinangor, berikut ini beberapa hal tentang Jatinangor yang patut diketahui guna memudahkan adaptasi.

Jatinangor kawasan pendidikan

Di jatinangor terdapat beberapa kampus di antaranya Unpad (Universitas Padjadjaran), ITB (Institut Teknologi Bandung), IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), dan Ikopin (Institut Koperasi Indonesia).

Banyaknya kampus di Jatinangor membuat populasi mahasiswa cenderung gemuk. Mahasiswa dari suatu kampus juga akan sering berinteraksi dengan mahasiswa dari kampus lain.

Jalur penghubung Bandung-Cirebon

Jatinangor dilalui jalan raya yang menghubungkan Bandung-Cirebon. Hal ini mengakibatkan banyak kendaraan kecil maupun besar yang melewatinya.

KEPADATAN kendaraan di Jatinangor/YASIR ABDI THOYIB

Hampir setiap hari, jalanan dilanda kemacetan. Hal itu membuat lingkungan di Jatinangor menjadi kurang nyaman.

Akan tetapi, agaknya proyek tol Cisumdawu yang sedang berjalan akan mengubah wajah Jatinangor beberapa tahun mendatang.

Udara yang sejuk

Terlepas dari banyaknya kendaraan yang lewat, udara Jatinangor masih terbilang sejuk karena dikelilingi pegunungan.

Jika penat dengan suasana Jatinangor yang ramai, tidak ada salahnya berkunjung ke Kiara Payung, bumi perkemahan di kaki Gunung Manglayang dengan pemandangan menakjubkan.

Pilihan tempat tinggal

Mahasiswa baru yang berada jauh dari orangtua akan mencari tempat tinggal atau indekos selama berkuliah.

Jatinangor menawarkan berbagai macam tipe indekos mulai dari yang paling murah hingga apartemen. Semua pilihan itu tentu punya kelebihan dan kekurangan. Jadi, tinggal sesuaikan saja dengan sejumlah faktor kebutuhan seperti jarak, luas, keamanan, kebersihan, maupun interaksi antarpenghuninya.

Percaloan dan salesman

Sering mucul permasalahan di kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa baru saat mencari indekos. Seringkali terdapat oknum calo yang menawarkan indekos tetapi meminta imbalan tidak wajar.

Selain itu, sering ditemukan salesman yang menawarkan obat pembunuh jentik nyamuk dengan harga yang tidak wajar, bahkan memaksa agar dibeli. (Yasir Abdi Thoyib)***

Bagikan: