Pikiran Rakyat
USD Jual 14.130,00 Beli 13.830,00 | Sebagian cerah, 27.1 ° C

Empat Hal yang Harus Diperhatikan Mahasiswa Baru Saat Merantau

Tim Pikiran Rakyat
MENETUKAN pilihan/HERMENTORCENTER
MENETUKAN pilihan/HERMENTORCENTER

BAGI calon mahasiswa rantau, beradaptasi dengan tempat baru adalah tantangan yang harus dihadapi dengan penuh perhitungan dan pertimbangan.

Bagi mereka yang baru pertama kali merantau jauh dari rumah dan masih bingung harus mempersiapkan apa saja, berikut ini sejumlah hal yang bisa memperlancar dan menghadirkan kenyamanan pada masa-masa awal di tanah rantau.

Perkuat niat dan tujuan

Seringkali dalam menjatuhkan pilihan, kita hanya memikirkan awalnya. Seharusnya, kita memikirkan bagaimana kelanjutannya kemampuan untuk tinggal jauh dari orangtua. Bagi mahasiswa rantau baru, inilah saat-saat ketika perasaan rindu rumah menyergap. Bisa jadi, hal itu mengganggu konsentrasi belajar.

Perkuliahan.*/DOK. PR

Untuk itu, teguhkan kembali niat. Ingatkan diri untuk melaksanakan amanah dan tanamkan tekad dalam diri kehidupan di tanah rantau bisa dilewati dengan baik. Teguhkan juga tujuan merantau. Apakah agar hanya bisa bebas dari pantauan orangtua atau sekadar ingin jalan-jalan. Jangan lupa bahwa tujuan utamanya adalah menuntut ilmu.

Kenali tanah rantau

Masuk ke daerah baru dan merasa asing merupakan hal yang lumrah dirasakan orang yang pertama kali merantau. Kita tidak pernah bisa menduga hal-hal apa yang akan terjadi di tempat baru dan kita harus mempersiapkan diri mengahadapi berbagai kejutan.

Mengenal lebih baik lingkungan yang baru bisa dilakukan dengan menjelajah secara rinci via internet atau bisa bertanya kepada kakak angkatan yang sudah kenyang pengalaman tinggal di sana.

Pilih hunian yang nyaman

Setelah mengenal lingkungan baru, mencari tempat tinggal yang sesuai dengan kriteria pasti akan lebih mudah dilakukan.

Stres/CANVA

Pilihlah tempat tinggal yang terbaik dan cari tahu informasi tempat yang akan ditinggali mulai dari keamanan lingkungannya, orang-orang di sekitarnya, tempat mencari makanan, dan jarak menuju kampus.

Temukan tempat yang senyaman mungkin karena hunian selama merantau adalah tempat mengistirahatkan pikiran dan hati setelah seharian beraktivitas di kampus.

Berlatih mandiri dan pola 5S

Saat berada di perantauan yang jauh dari kerabat atau saudara, tidak selamanya kita bisa mengandalkan teman saat membutuhkan sesuatu.

Bisakanlah melakukan segala sesuatu sendiri. Tidak perlu sungkan atau malu jika harus berjalan ke mana-mana sendirian terutama untuk mencari makanan. Di lingkungan sekitar kampus, banyak mahasiswa yang berlalu-lalang sendirian dan hal itu merupakan pemandangan yang umum.

Pola 5S bisa jadi sangat membantu karena saat masuk ke lingkungan baru akan berhadapan dengan orang-orang baru pula. Pola 5S itu adalah senyum, sapa, salam, sopan, santun. (Rista Yuniar Nurcahyani Putri)***

Bagikan: