Pikiran Rakyat
USD Jual 14.260,00 Beli 14.162,00 | Berawan, 22.2 ° C

Nyaris Tengah Malam, Pengumuman PPDB Baru Bisa Diakses

Ririn Nur Febriani
Pendidikan.*/DOK. PR
Pendidikan.*/DOK. PR

CIMAHI, (PR).- Sempat ditunda, pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kota Cimahi 2019 baru bisa diakses Senin 8 Juli 2019, nyaris tengah malam. Masyarakat mengaku lega akhirnya hasil PPDB diumumkan meski seleksi tak memuaskan.

Pengumuman PPDB dapat dilihat di laman https://cimahi.siap-ppdb.com mulai Senin 8 Juli 2019 sekitar pukul 23.00 WIB. Sebelumnya, pengumuman diagendakan terbit pukul 10.00 WIB namun mengalami pemunduran jadwal pukul 14.00 WIB hingga membuat masyarakat waswas. Hal itu berbeda dengan pernyataan Kepala Disdik Kota Cimahi Hendra Gunawan yang menyebut pengumuman PPDB secara online akan dilakukan pukul 16.00 WIB.

Seperti diungkapkan warga Jalan Lurah, Neni (34) yang mendaftarkan anaknya ke SMPN 1 Cimahi. "Seharian buka internet terus, kapan munculnya malah ada tulisan hasil sementara. Kesel atuh, bikin tegang takut enggak keterima meskipun jarak rumah ke sekolah dekat sih," ujarnya.

Saat pengumuman PPDB bisa diakses, Neni malah melewatkannya. "Padahal saya manteng terus dari sejak diundur 2 kali sampai enggak jelas kapan diumumkan. Tahu-tahu muncul tengah malam, jam segitu sudah tidur. Bangun pagi ngecek lagi ternyata ada. Alhamdulillah keterima, teungteuingeun kalau enggak karena kan sekolah tinggal jalan," katanya.

Berbeda dengan Neni, warga lainnya mengaku tak lolos seleksi PPDB ke SMPN 1 Cimahi. "Masuk zonasi dengan jarak rumah sekitar 1 km, tapi katanya ada yang lebih dekat lagi yang lain rata-rata 900 meter. Kemarin saya nunggu di sekolah sampai sore ternyata gagal. Sedih sih, saya belum persiapan anak daftar ke swasta," katanya.

Hal tersebut diakui Ketua PPDB SMPN 1 Cimahi Edi Mulyadi. "Hasilnya tadi malam sudah bisa rilis pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Tidak ada masalah

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi Hendra Gunawan menyatakan tak ada masalah teknis dalam pengumuman PPDB hingga mengalami pemunduran jadwal. "Enggak ada masalah teknis, hanya menyinkronkan data. Karena kita tidak ingin merugikan masyarakat juga," ujarnya.

Hendra mengklaim, permasalahan timbul saat masyarakat mengakses pendaftaran lewat jalur zonasi dan jalur prestasi di luar zonasi domisili. "Banyak yang diterima di dua jalur. Masyarakat tidak mau cabut salah satu, sehingga kita intervensi dengan masukkan di jalur prestasi," katanya.

Hendra menyatakan pihaknya mengumumkan pada Senin 8 Juli 2019 petang. "Ini sore kami upayakan keluar, sekitar pukul 16.00 WIB," jelasnya.

Hasil pemantauan "PR", pada laman

https://cimahi.siap-ppdb.com pukul 19.00 WIB tertera pemberitahuan

hasil bersifat sementara. Tertulis sebanyak 3.242 siswa diterima di jalur zonasi, 558 siswa di jalur prestasi, dan 194 siswa jalur perpindahan orangtua.***

 

Bagikan: