Pikiran Rakyat
USD Jual 14.273,00 Beli 13.973,00 | Umumnya cerah, 19.1 ° C

Lulusan SD 4.700 Siswa, Daya Tampung SMP Negeri Cuma 2.336 Siswa

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI penerimaan peserta didik baru (PPDB).*/DOK. PRFM
ILUSTRASI penerimaan peserta didik baru (PPDB).*/DOK. PRFM

CILEGON, (PR).- Daya tampung SMP Negeri di Kota Cilegon hingga saat ini masih terbilang minim. Tahun ini saja, kuota penerimaan siswa baru pada 11 SMP Negeri di Kota Cilegon sebanyak 2.336 siswa, sementara lulusan SD di Kota Cilegon mencapai 4.700 siswa.

Kepala Bidang SMP pada Dindik Kota Cilegon Suhendi mengatakan, kondisi ini telah terjadi sejak lama. Pihaknya pun telah mempersiapkan sejumlah hal guna menampung seluruh lulusan SD di Kota Cilegon. "Ini telah kami antisipasi, agar semuanya dapat tertampung di Kota Cilegon," katanya, Rabu 12 Juni 2019. 

Menurut Suhendi, para lulusan SD yang tidak tertampung akan diarahkan untuk sekolah di SMP swasta. Dimana Kota Cilegon memiliki 31 SMP swasta. "Jika ada yang tidak tertampung di SMP Negeri bisa ke swasta atau lembaga pendidikan lainnya seperti pesantren," ujarnya.

Menurut Suhendi, pada penerimaan siswa baru pun, pihaknya memberlakukan sistem zonasi. Ini untuk mengurangi tingkat persaingan penerimaan siswa baru. "Jarak rumah dengan sekolah menjadi penentu utama siswa diterima atau tidak. Tapi kami juga masih menerima kuota dari Kabupaten Serang sebesar 10 persen," ucapnya.

Suhendi menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan PPDB online SMP sebaik mungkin. Ia berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaan PPDB yang akan berlangsung 18-20 Juni 2019. “Pekan depan kami sudah buka PPDB. Bagi siswa yang mau mendaftar bisa lewat komputer pribadi atau ke sekolah yang dituju untuk dibantu oleh operator kami,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dindik Kota Cilegon Muhtar Gojali mengatakan, PPDB online saat telah disiapkan. Operator server PPDB di masing-masing sekolah negeri telah mendapat pelatihan di Aula Dindik Kota Cilegon. “Kami terus meningkatkan kesiapan untuk PPDB online agar tidak offline seperti tahun lalu,” ungkap Muhtar kepada wartawan Kabar Banten, Sigit Angki Nugraha.

PPDB online 2019, lanjut Muhtar, akan dibagi ke dalam tiga zonasi. Zonasi I meliputi Kecamatan Cibeber, Cilegon, Jombang, sebagian Citangkil, dan sebagian Purwakarta. Zona II meliputi sebagian Citangkil dan Ciwandan. Zona III Grogol, Pulomerak, dan sebagian Purwakarta. “Jadi nanti kami terapkan sistem zonasi yaitu 90 persen kuotaya, 5 persen kuotanya untuk jalur prestasi, dan 5 persen pindah tugas,” katanya.***

Bagikan: