Pikiran Rakyat
USD Jual 14.426,00 Beli 14.126,00 | Sedikit awan, 22.6 ° C

Pendaftaran PPDB Online SMA Dibuka 11-22 Juni 2019

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI penerimaan peserta didik baru (PPDB).*/DOK. PRFM
ILUSTRASI penerimaan peserta didik baru (PPDB).*/DOK. PRFM

SERANG, (PR).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten menentukan pembukaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online akan dibuka pada 11-22 Juni mendatang. Hal tersebut diungkapkan panitia PPDB online, Rudi Prihadi, Minggu 9 Juni 2019.

“Disdikbud bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten telah melakukan sosialisasi di 8 kabupaten dan kota terkait dengan PPDB online. Sosialisasi dibagi menjadi dua bagian yakni di Tangerang Raya terdiri dari Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang serta Tangerang Selatan. Kemudian sosialisasi kedua di Kabupaten Serang dan Kota Serang, Kota Cilegon (Seragon), Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak,” kata Rudi kepada wartawan Kabar Banten, Denis Asria.

Ia mengatakan, pihaknya melakukan roadshow untuk menyampaikan dan menyatukan pemhaman terkait PPDB online. Sosialisasi di Tangerang Raya digelar di SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang dan sosialisasi di Seragon, Kabupaten Pandeglang dan Lebak di SMA Cahaya Madani Banten Boarding School (CMBBS).

“Untuk proses pendaftaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang PPDB, yakni menggunakan sistem zonasi bagi tingkat SMA, sedangkan untuk SMK dan Sekolah khusus (SKh)  tidak menggunakan zonasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam proses PPDB menggunakan surat edaran dua menteri yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Proses PPDB tinggal pelaksanaanya yakni pendaftraan akan dibuka pada 11-22 Juni mendatang. Untuk proses pendaftraan, orang tua calon peserta didik baru bisa membua website resmi sekolah yang dituju, kemudian tampilan website tersebut tersedia, beberapa kanal yakni beranda, jadwal, informasi pendaftaran, pengumuman hasil seleksi dan pengaduan.

“Di kanal beranda ada tampilan jumlah kuota, jumlah rombongan belajar dan tiga jalur masuk yakni jalur zonasi yang memiliki 90 persen dari jumlah kuota, kemudian prestasi 5 persen dan perpindahan 5 persen, selanjutnya  pada menu ketiga tersebut juga dilengkapi dengan info cetak formulir, data sementara pendaftran dan data hasil penetapan PPDB,” jelasnya.***
 

Bagikan: