Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 28 ° C

572 Guru Madrasah Ikuti Seleksi untuk Dapat Tunjangan Profesi

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI guru madrasah.*/DOK. PR
ILUSTRASI guru madrasah.*/DOK. PR

SERANG, (PR).- Sebanyak 572 guru madrasah mengikuti seleksi calon peserta pendidikan profesi guru  (PPG), di Madrasah Aliyah (MAN) Negeri 4 Pandeglang. Hal tersebut dilakukan sebagai rangkaian yang harus dilalui oleh seorang guru madrasah untuk menerima tunjangan profesi.

Panitia PPG Madrasah dari Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Banten Mumu Mukhlisin mengatakan, peserta PPG se Banten sebanayak 3.293 orang, sedangkan untuk Pandeglang sebanyak 572.

“Pelaksanaan tes tersebut berjalan lancar di semua kabupaten dan kota,” katanya kepada wartawan Kabar Banten, Denis Asria, Senin 27 Mei 2019.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang Solekhudin mengatakan, dalam tes tersebut dilakukan secara online yakni dari tingkat  Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

“Guru mengikuti tes tersebut untuk 7 dari 5 mata pelajaran agama yang telah mereka tentukan sebelumnya.  Yakni sejarah kebudayaan islam, akidah, akhlaq, fiqih, alquran hadis, guru kelas MI dan guru kelas RA serta Bahasa Arab,” kata Solekhudin.

Dijelaskan, peserta yang mengikuti tes tersebut sebelumnya, melakukan pendafatran online terlebih dahulu, pendaftaran tersebut dilakukan melalui aplikasi sistem informasi pendidik dan tenaga kependidikan (Simpatika) Kemenag.

“Alhamdulillah yang mengikuti tes tersebut lumayan banyak karena keterbatasan Penentuan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) mengajarnya, dinaikan dari 2005 ke 2015,” katanya.***  

Bagikan: