Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Umumnya berawan, 25.5 ° C

Mahasiswa Universitas Pertahanan Harus Cerdas Berkomunikasi 

Erwin Kustiman
PAKAR Komunikasi Dr. Aqua Dwipayana ketika berdialog dengan keluarga besar Universitas Pertahanan.*/ISTIMEWA
PAKAR Komunikasi Dr. Aqua Dwipayana ketika berdialog dengan keluarga besar Universitas Pertahanan.*/ISTIMEWA

BOGOR, (PR).- Semua mahasiswa Universitas Pertahanan program S2 dan S3 harus cerdas berkomunikasi dan selalu berusaha menjaga nama baik kampusnya. Di manapun berada upayakan untuk dapat menjadi teladan. Ucapan dan perbuatannya agar sejalan.

Pakar Komunikasi Dr. Aqua Dwipayana menegaskan hal itu saat memberikan Kuliah Umum di Gedung Pulau Jawa Auditorium Universitas Pertahanan di Sentul Kabupaten Bogor pada Rabu siang, 15 Mei 2019 kemarin. Rektornya Letjen TNI Dr Tri Legionosuko yang memimpin acara tersebut.

Sekitar 350 orang menghadiri acara itu termasuk sebanyak 268 orang mahasiswa S2 dan 20 orang mahasiswa S3 serta para pejabat di Universitas Pertahanan menghadiri kegiatan itu. Mereka di antaranya Wakil Rektor I bidang  Akademik/Kemahasiswaan Mayjen TNI Sudibyo, Wakil Rektor ll bidang Perencanaan dan Keuangan Mayjen TNI Lasmono, Wakil Rektor lll bidang Kerjasama Mayjen TNI Hipdiza, dan Kepala Biro Akademik Brigjen TNI Agus Winarna.

Kepada semua yang hadir di kuliah umum tersebut diberikan buku super best seller karya Aqua yang berjudul The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi dan Produktif Sampai Mati.

Aqua yg membawakan materi berjudul _Strategi Komunikasi dalam Menghadapi Perang Mindset di Era Keterbukaan Informasi_ menambahkan karena fasilitas yang diberikan negara kepada semua mahasiswa sangat lengkap untuk menunjang kegiatan belajar  mereka dan gratis maka para mahasiswa harus berusaha secara maksimal untuk berprestasi.

"Semua mahasiswa Universitas Pertahanan harus bersyukur karena mendapatkan fasilitas yang lengkap dan selama kuliah tidak dikenakan biaya alias gratis. Untuk itu balasan yang wajib diberikan kepada negara adalah berprestasi selama kuliah dan kinerjanya harus optimal di tempat kerja masing-masing kelak," ujar motivator nasional yang telah memotivasi ratusan ribu orang di seluruh Indonesia dan puluhan negara ini.

Peka dan selektif 

Aqua yang telah puluhan tahun mendalami Ilmu Komunikasi baik formal - hingga pendidikan S3 secara linear - maupun informal, mengingatkan semua mahasiswa agar selalu waspada, mawas diri, dan hati-hati menghadapi situasi saat ini dan ke depan. Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini harus lebih serius, sungguh-sungguh, dan fokus meningkatkan kemampuan komunikasi masing-masing.

Menurut mantan wartawan di banyak media ini perang mindset sudah dimulai. Terkait dengan itu semua mahasiswa harus cerdas menyikapinya dengan meningkatkan kepekaannya dan selektif setiap menerima informasi. 

Sekarang ini setiap hari informasi yang diterima masing-masing orang termasuk mahasiswa banyak sekali. Sebagian di antaranya adalah kebohongan atau hoaks. Menyikapi itu dibutuhkan kecerdasan dalam memilih dan memilah berbagai kabar yang diterima.

Mahasiswa yang cerdas dengan cepat dapat memilih dan memilah secara benar semua info yang diterimanya. Selain itu tidak mudah terprovokasi dengan data yang diperoleh.

Untuk meningkatkan kecerdasan masing-masing individu dapat dilakukan dengan 3 hal yang harus dilakukan secara konsisten. Pertama, rajin membaca. Aktivitas ini kalau bisa rutin dilaksanakan akan menyenangkan bakal jadi kebutuhan setiap hari.

Kedua, rajin berkomunikasi dengan semua orang. Dalam melakukannya jangan dipilah-pilah dan dipilih-pilih. Komunikasilah secara universal dengan siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. 

"Aktivitas komunikasi ini agar dilakukan dengan semua orang. Dalam praktiknya jangan mengalahkan Tuhan. Maksudnya Sang Pencipta tidak pernah membeda-bedakan setiap umatnya. BagiNya semua orang sama. Perilaku, tutur kata, dan hal-hal lainnya yang membuat beda antara seseorang dengan orang lain," terang penulis buku super best seller The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi ini.

Ketiga, harus rajin menonton televisi terutama berita dan informasi lainnya yang bermanfaat. Banyak tambahan pengetahuan, wawasan, ilmu, dan pengalaman yang diperoleh dengan melaksanakan aktivitas tersebut. 

Jaket kampus

Di awal acara Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Dr Tri Legionosuko dalam sambutannya menegaskan sengaja mengundang Aqua sebagai pakar Komunikasi karena semua mahasiswa harus meningkatkan kemampuan komunikasinya untuk mendukung Ilmu Pertahanan yang sedang dipelajarinya di kampus.

"Mengingat pentingnya materi yang akan disampaikan Dr Aqua Dwipayana maka saya berharap mahasiswa dapat menyimak dengan sungguh-sungguh. Apabila ada hal-hal yang kurang dimengerti ajukan pertanyaan untuk lebih memantapkan pemahamannya," ujar Tri.

Kemudian Tri mewakili seluruh Civitas Akademika Universitas Pertahanan memakaikan jaket kampus tersebut kepada Aqua. Itu sebagai tanda bahwa Aqua sudah merupakan bagian dari keluarga besar universitas yang berada di bawah Kementerian Pertahanan tersebut.

Setelah tanya-jawab sebelum acara ditutup, Tri memberikan plakat dan sejumlah buku sebagai kenang-kenangan kepada Aqua.

Secara khusus Tri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Aqua yang isinya sebagai berikut, "Pak Aqua atas nama Civitas Academica Universitas Pertahanan, saya mengucapkan TERIMA KASIH atas sharing informasi di bidang Komunikasi dengan harapan agar lebih memacu para mahasiswa dalam meraih cita-cita mereka. Sekaligus terwujudnya para agen perubahan di bidang pertahanan yang unggul dan bertekad menegakkan kedaulatan dan keutuhan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta  menjaga keselamatan bangsa dan negara. Salam hormat dari Sentul."***

Bagikan: