Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Sedikit awan, 20.9 ° C

Kunci Jawaban dan Soal UNBK 2019 Beredar di Internet

Yusuf Wijanarko
SISWA belajar bersama saat menanti pergantian jadwal gelombang kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Salatiga, Senin 1 April 2019.*/ANTARA
SISWA belajar bersama saat menanti pergantian jadwal gelombang kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Salatiga, Senin 1 April 2019.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Sejumlah soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran matematika beserta kunci jawabannya beredar di jejaring percakapan Line, Selasa 2 April 2019.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi di Jakarta mengatakan, BSNP menerima laporan dugaan kebocoran soal dan jawaban mata pelajaran matematika Ujian Nasional Berbasik Komputer (UNBK).

"Kami telah berkoordinasi dengan Kemendikbud untuk  memeriksa dan menindaklanjuti kasus tersebut. Kami sedang menyelidiki apakah soal yang tersebar asli atau bukan," ujar Bambang Suryadi seperti dilaporkan Antara.

Soal matematika beserta kunci jawaban yang bocor tersebut merupakan hasil jepretan kamera yang menangkap tampilan layar komputer pada saat pelaksanaan UNBK. Soal tersebut terdapat di grup percakapan Line, Square UNBK.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi menekankan agar pengawas tidak lengah dalam mengawasi pelaksanaan UNBK. Seharusnya para siswa tidak boleh membawa ponsel saat berlangsungnya UN.

"Dalam hal ini, pengawasnya yang dipertanyakan mengapa bisa sampai tersebar foto-foto soal itu," kata Didik Suhardi.

Saat ini, Kemendikbud sedang menyelidiki kasus bocornya soal UNBK tersebut. Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud sedang menyelidiki jejak digital akun yang menyebarkan foto soal itu.

Sebanyak 2.019.680 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Indonesia mengikuti UN yang diselenggarakan pada 1,2,4, dan 8 April 2019.

Para siswa tersebut akan mengikuti UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan.

Sebanyak 97,8 persen peserta melaksanakan UNBK dan 2,2 persen mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil atau UNKP. Sementara UN SMA/MA susulan akan dilakukan pada 13 April hingga 14 April 2019.***

Bagikan: