Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.303,00 | Sebagian cerah, 29.2 ° C

Unpad Berikan Kursus Komunikasi Persuasif Digital

Catur Ratna Wulandari
REKTOR Universitas Padjadjaran Trihanggono Achmad (kiri), Pendiri dan CEO IndonesiaX Lucy Pandjaitan Mangoendipoero (tengah), dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) usai peluncurah kursus UNPAD203 berjudul Komunikasi Persuasif untuk Negosiasi di Graha Sanusi Kampus Unpad Jalan Dipatiukur Bandung, Senin (4/3/2019).*
REKTOR Universitas Padjadjaran Trihanggono Achmad (kiri), Pendiri dan CEO IndonesiaX Lucy Pandjaitan Mangoendipoero (tengah), dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) usai peluncurah kursus UNPAD203 berjudul Komunikasi Persuasif untuk Negosiasi di Graha Sanusi Kampus Unpad Jalan Dipatiukur Bandung, Senin (4/3/2019).*

BANDUNG, (PR).- Dosen-dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran memberikan kursus daring UNPAD203 berjudul Komunikasi Persuasif untuk Negosiasi melalui platform IndonesiaX. Kursus ini bisa diakses siapa saja di mana saja selama terkoneksi dengan internet dengan mengakses www.indonesiax.co.id.

"Era digital memfasilitasi kita untuk berkomunikasi secara lebih efektif, terarah, dan mendukung produktivitas kerja. Untuk bisa optimal dan berdampak positif, maka kontribusi perguruan tinggi sangatlah penting untuk memberikan dasar atau kajian akademik dan juga etika dalam berkomunikasi di era digital ini," kata Rektor Unpad Trihanggono Achmad pada peluncuran UNPAD203 yang digelar pada konferensi edukasi bertajuk Cimmunication in Digital Era di Graha Sanusi Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Bandung, Senin 4 Maret 2019.

Trihanggono mengatakan, kursus semacam ini telah membuka akses pendidikan semakin luas. Tidak ada keterbatasan ruang dan waktu bagi mereka yang ingin belajar. 

Lebih jauh lagi, pola pembelajaran digital ini akan meningkstkan akuntabilitas dan kualitas pergurutan tinggi sendiri. "Perguruan tinggi dituntut menbuat pembelajaran yang bermanfaat. Kalau bermanfaat akan diakses orang. Kalau tidak banyak akses, perlu berbikir ulang manfaatnya," katanya.

Model kursus ini dipelopori oleh IndonesiaX sejak 2015. Tujuh perguruan tinggi telah terlibat dalam memberikan pengajaran. "Mudah-mudahan akan lebih banyak yang terlibat," katanya.

Sejak diluncurkan pada 17 Agustur 2015, IndonesiaX telah menyediakan 35 kursus yang disebut Massive Open Online Course (MOOC). Pendiri dan CEO IndonesiaX Lucy Pandjaitan Mangoendipoero mengatakan, platform ini berupaya memberi akses kepada pembelajar di semua penjuru negeri atas materi dari instruktur terbaik seperti dosen, profesor, praktisi, dan pemimpin perusahaan terkemuka.

Unpad sendiri telah memiliki 3 kursus yaitu UNPAD101 bertema kesehatan anak, UNPAD202 bertema manajemen kuangan, dan UNPAD203 tentang komunikasi persuasif yang baru diluncurkan ini.

IdonesiaX juga meluncurkan MOOC CBS101 bertema Business Presentation yang dibawakan oleh presenter ternama, Charles Bonar Sirait. Semua kursus itu bisa diakses gratis di www.indonesiax.co.id

Pada peluncuran itu, hadir sebagai pembicara kunci Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Konferensi edukasi yang digelar di hari yang sama ini menghadirkan presenter dan praktisi komunikasi Charles Bonar Sirait, Aktivis Bahasa Indonesia dan Pendiri Wikimedia Indonesia Ivan Lanin, serta Dosen Ilmu Komunikasi Unpad Kunto Adi Wibowo. ***

Bagikan: