Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Hujan petir singkat, 22.6 ° C

Ketua MWA: Rektor Unpad Terpilih Dilantik Sesuai Jadwal

Catur Ratna Wulandari
Menkominfo Rudiantara.*/ANTARA
Menkominfo Rudiantara.*/ANTARA

BANDUNG, (PR).- Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran Rudiantara menegaskan, rektor terpilih tetap dilantik sesuai jadwal, 13 April 2019. Pekan ini MWA akan mengumumkan kelanjutan Pemilihan Rektor (Pilrek) Unpad.

"Minggu ini insya Allah akan ada pengumuman. Kan (Pilrek) antara 15 Maret atau akhir bulan. Kapan persisnya, prosesnya seperti apa, insya Allah akan ada pengumuman," kata Rudiantara di sela-sela kegiatannya di Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur, Bandung, Senin 4 Maret 2019.

Ia mengatakan, penetapan jadwal pemilihan itu masih menunggu proses adminsitrasi salah seorang calon rektor. Seperti diberitakan sebelumnya, keputusan pemberhentian sementara Obsatar Sinaga sebagai PNS diadukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Alasan pemberhentian itu lantaran Obsatar menjadi komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

KASN menyarankan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mencabut surat pemberhentian itu. KASN berpendapat, pemberhentian itu jauh terlambat, Obsatar pun telah mengundurkan diri.

Meski belum ada keputusan kapan tanggal pasti pemilihan, Rudiantara memastikan, pelantikan rektor terpilih tetap akan digelar sesuai jadwal yang ditentukan, 13 April 2019.

Saat ditanya apakah MWA akan melanjutkan Pilrek Unpad tetap dengan tiga calon yang ada, dua calon, atau ada calon baru, Rudiantara menjawab, "Ya tunggulah... sabar."

Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir meminta agar Obsatar diganti oleh calon lain. Rudiantara mengatakan, semua itu akan dibicarakan oleh MWA. "Kan ada wakil Kemenristekdikti di MWA. Harusnya kan lapor ke Pak Nasir," ujarnya.

Soal adanya dugaan akan adanya Pelaksana Tugas Rektor karena Pilrek yang tak kunjung selesai, Rudiantara tak mau berkomentar. 

"Saya enggak usah komentar lah. Biar saja orang punya hak untuk bicara. MWA akan ikuti aturan dan jalankan governance dengan baik. Sayaenggak punya interest, enggak punya kandidat, enggak ada semua," ucapnya. ***

Bagikan: