Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Hujan petir singkat, 22.6 ° C

Kepala SMAN 19 Bandung: Siswa Miskin Juga Wajib Bayar Iuran Edubox

Catur Ratna Wulandari
Ilustrasi pendidikan/DOK PR
Ilustrasi pendidikan/DOK PR

BANDUNG, (PR).- Kepala Sekolah SMAN 19 Bandung Arief Achmad membenarkan jika siswa miskin juga harus membayar iuran Edubox. Tetapi, ia membantah jika iuran itu bisa menghambat siswa ikut ujian.

Arief menjelaskan, keputusan untuk mewajibkan iuran Edubox sebesar Rp 50 ribu kepada orangtua siswa merupakan hasil kesepakatan orangtua. Kesepakatan itu memang tidak mengecualikan siswa miskin. 

Mereka yang bersekolah dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) juga wajib membayar iuran ini. "Ini kesepakatan orangtua," kata Arief, ketika ditemui di SMAN 19 Bandung, Kamis, 28 Februari 2019.

Ia membantah jika siswa yang tak membayar iuran tak bisa mengikuti ujian. "Tidak ada. Kami sama sekali tidak ada kebijakan bahwa siswa yang tidak bayar tidak ujian," tuturnya.

Menurut Arief, keputusan iuran ini diambil karena biaya Edubox tidak masuk anggaran sekolah. Ia mengatakan, keputusan itu bisa diubah. 

"Tapi kalau anak-anak menuntut tidak bayar ya enggak apa-apa, nanti dianggarkan," ujarnya.

Edubox merupakan aplikasi belajar berbasis internet. Edubox memungkinkan siswa mengakses materi pelajaran, latihan soal, ujian dan lainnya.

"Kita mengurangi tes dengan kertas dan pensil. Bisa menghemat banyak kalau diterapkan. Ujian tinggal bawa laptop atau hp. Kalau tidak punya, tinggal ke lab komputer," tuturnya.

Guru bisa mengunggah materi pelajaran maupun soal-soal ke Edubox. Namun, belum semua guru terbiasa melakukan hal itu. Meski sudah ada pelatihan, tidak semua bisa mengikuti teknologi ini. Inilahyang menurut Arief, saat siswa mengakses Edubox tidak mendapatkan apa yang diperlukan.

SMAN 19 Bandung bukan satu-satunya sekolah yang menggunakan Edubox. Hampir semua SMA di Bandung menggunakan aplikasi ini. Namun skema pembayarannya berbeda-beda. Ada yang biayanya masuk ke anggaran sekolah, sehingga tak perlu ada pungutan lagi kepada siswa.

Diberitakan sebelumnya, ratusan siswa SMAN 19 Bandung berkumpul di lapangan sekolah, Kamis, 28 Februari 2019. Mereka menggelar aksi protes atas kewajiban membayar Rp 50.000 untuk Edubox.

Siswa dan orangtua murid SMAN 19 Bandung memprotes kebijakan sekolah yang mewajibkan siswa membayar biaya Edubox sebesar Rp 50 ribu setiap bulan. Biaya itu juga dibebankan kepada siswa tidak mampu.***

Bagikan: