Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 13.985,00 | Sedikit awan, 21.1 ° C

Belasan Aduan Soal Pemilihan Rektor Unpad Diproses Pekan Ini

Tim Pikiran Rakyat
PEMILIHAN rektor Unpad/DOK. PR
PEMILIHAN rektor Unpad/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- MWA (Majelis Wali Amanat) Unpad (Unversitas Padjadjara) menerima kurang dari 20 aduan terkait pemilihan rektor. MWA Unpad mempunyai waktu untuk memverifikasi pengaduan itu sampai Jumat 15 Februari 2019.

Anggota MWA Unpad Siti Karlina mengatakan, MWA Unpad telah menerima aduan masyarakat terkait tiga calon Rektor Unpad periode 2019-2024.

Sampai batas akhir penerimaan aduan pada 8 Februari 2019, MWA Unpad telah menerima berbagai aduan. Tanpa menyebut angka pasti, Siti Karlina mengatakan, aduan yang masuk tak sampai 20.

"Saat ini sedang dalam proses vetifikasi dan rekapitulasi untuk dilanjut dengan kategorisasi. Proses ini akan berlangsung sampai 15 Februari," kata Siti Karlina, Senin 11 Februari 2019.

Unpad.*/DOK. PR

Sebelumnya, MWA Unpad telah mengumumkan bahwa masyarakat bisa memberi saran dan masukan secara tertulis mengenai tiga calon rektor paling lambat 8 Februari 2019.

Ketiga calon rektor itu ialah Aldrin Herwany (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Atip Latipulhayat (Fakultas Hukum), dan Obsatar Sinaga (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Saran dan aduan itu ditujukan kepada Sekretariat MWA Unpad di Jalan Cimandiri 14 Bandung via telefon (022) 84288857 atau melalui email [email protected]

Rudiantara minta masyarakat bersabar

Ketua MWA Unpad Rudiantara mengatakan, hasil penanganan aduan dari masyarakat akan dibahas dalam rapat pleno.

MWA Unpad kemudian akan memutuskan proses apakah pemilihan tetap dimulai dari 3 kandidat atau tidak. Menurut dia, pengubahan formasi calon rektor bisa saja terjadi.

“Penanganan pengaduan diperlakukan dengan cara dijaga kerahasiaannya. Hasilnya, bisa merupakan pemilihan dengan peserta yang tetap 3 orang atau terjadi perubahan. Mohon para pemangku kepentingan bersabar menunggu hasilnya,” kata Rudiantara di Jakarta, Selasa 12 Februari 2019.

PEMILIHAN rektor Unpad.*/DOK. PR

Ia menjelaskan, MWA Unpad memberikan kesempatan kepada siapapun untuk memberikan laporan atau aduan perihal rekam jejak dari 3 kandidat Rektor Unpad periode 2019-2024.

“Yang pasti penetapan rektor terpilih nantinya tidak akan lebih lambat dari 13 April 2019,” katanya.

Masa jabatan Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad akan berakhir pada 13 April 2019. Menurut Statuta Unpad, rektor terpilih harus ditetapkan tiga bulan sebelum masa jabatan rektor habis. Namun, lantaran masa jabatan yang belum habis, belum diperlukan pelaksana tugas rektor. (Catur Ratna Wulandari/Dhita Seftiawan)***

Bagikan: