Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Umumnya cerah, 29.4 ° C

Pramuka Efektif Bentuk Karakter Siswa

Sarnapi
WAKIL Kepala SD Assalaam Buldani (kiri) saat menyematkan tanda kecakapan umum kepada Penggalanh Ramu di halaman SD Assalaam, Senin, 4 Februari 2019.*/SARNAPI/PR
WAKIL Kepala SD Assalaam Buldani (kiri) saat menyematkan tanda kecakapan umum kepada Penggalanh Ramu di halaman SD Assalaam, Senin, 4 Februari 2019.*/SARNAPI/PR

BANDUNG, (PR).- Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam pembentukan karakter, SD Assalaam menggencarkan Pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib bagi para siswanya. Siswa kelas I-VI diwajibkan ikut Pramuka dengan latihan tiap Jumat dan Sabtu.

"Pramuka efektif dalam membentuk karakter siswa seperti kemandirian dan kedisiplinan sehingga kita wajibkan di sekolah," kata Kepala SD Assalaam, Jaenudin, didampingi pembina Pramuka SD Assalaam, Rohimat, di sela-sela pelantikan Pramuka Penggalang Rakit dan Ramu.

Pelantikan penggalang Ramu, Senin, 4 Februari 2019, bagi kelas V sebanyak delapan orang dan Penggalang Rakit 18 orang bagi siswa kelas VI. Selain itu, dilakukan penyematan Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang dilakukan orangtua siswa masing-masing sebagai bentuk kebanggaan.

"Proses menjadi Penggalang Ramu dan Penggalang Rakit cukup berat sebab harus mengalami berbagai seleksi yang lebih dari sehari termasuk perkemahan minimal dua malam," ujarnya.

Dia menambahkan, manfaat adanya Pramuka selama ini, kata Jaenudin, di antaranya untuk kedisiplinan seperti tepat waktu dan rajin mengikuti kegiatan.

"Anggota Pramuka dibiasakan disiplin waktu dan tepat waktu saat mengikuti kegiatan. Kalau masuk sekolah pukul 7.00, maka di Pramuka dibiasakan agar tidak terlambat datang ke sekolah," katanya.

Demikian pula masalah sopan santun baik kepada yang lebih tua, guru, maupun sesama siswa. "Seperti dalam hal berbicara dibiasakan setiap latihan Pramuka  untuk mengucapkan hal-hal baik dan tak boleh bicara kasar. Nantinya pembiasaan ini akan dibawa ke rumah dan lingkungan sekitar," katanya.

Dia menambahkan, pembiasaan ibadah juga dilakukan kepada anggota Pramuka apalagi SD Assalaam mewajibkan salat Zuhur dan Asar berjemaah. "Kalau sedang latihan Pramuka lalu terdengar azan, maka akan langsung dilanjutkan dengan salat berjemaah," katanya.

Mengenai prestasi Pramuka, Rohimat menyatakan, dalam lembaga tingkat Kota Bandung pada November 2018 lalu, Pramuka
SD Assalaam mewakili Kecamatan Regol. "Sebelumnya di lomba tingkat dua Kecamatan Regol, dua regu Pramuka SD Assalaam yakni Regu Garuda dan Regu Aster menjadi juara umum," katanya.***

Bagikan: