Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Hujan singkat, 28.6 ° C

Mulai Dibuka, Pendaftaran SNMPTN Berlaku Hingga 14 Februari

Fani Ferdiansyah
Ilustrasi.*/CANVA
Ilustrasi.*/CANVA

JAKARTA, (PR).- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai dibuka Senin 4 Februari 2019 ini. Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengatakan, pendaftaran SNMPTN akan dibuka hingga 14 Februari mendatang.

"Pendaftaran SNMPTN mulai dibuka 4 Februari hingga 14 Februari," ujar Ravik di Jakarta.

Ravik menjelaskan pihaknya sudah mengumumkan siswa yang masuk pemeringkatan dan layak untuk mendaftar SNMPTN pada 4 Februari pukul 8.00 hingga 15.00 WIB. Bagi siswa yang layak, diminta untuk segera mendaftar mulai 4 Februari pukul 14.00 WIB.

Ravik meminta siswa untuk segera mendaftar dan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendaftar. Hal ini dikarenakan jika mendaftar pada batas akhir, maka terkadang mengalami kendala teknis karena banyak yang mengakses situs itu.

Melansir Kantor Berita Antara, untuk pemeringkatan siswa dilakukan LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut. Untuk jurusan IPA yakni Matematika Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Sedangkan untuk jurusan IPS yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Sementara jurusan Bahasa yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing.

Untuk SMK, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.

"Untuk tahun ini, siswa yang layak mendaftar SNMPTN sebanyak 613.860 siswa," ujar dia.

Pendaftaran SNMPTN bisa dilakukan dengan mengakses http://web.snmptn.ac.id dan memasukkan NISN dan kata sandi. Siswa diminta untuk mengisi biodata serta mengunggah pasfoto resmi.

Sempat tak bisa diakses

Sedangkan untuk program studi seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio dan dukumen bukti keterampilan yang telah disahkan. Ketua Harian LTMPT, Budi Prasetiyo, mengatakan laman pendaftaran SNMPTN sempat mengalami gangguan.

Namun Budi menjelaskan laman pendaftaran itu saat ini sudah bisa diakses kembali sehingga siswa yang layak bisa segera mendaftar.

Untuk diketahui sebelumnya, calon mahasiswa yang lulus SNMPTN dilarang mendaftar lagi ke jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hal tersebut berbeda dengan tahun lalu, sebelum Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi resmi membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2019. 

Ravik mengimbau, karena aturan baru tersebut, pihak sekolah harus segera mengisi, memverifikasi dan memfinalisasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pasalnya, PDSS merupakan satu-satunya rujukan bagi LTMPT untuk menentukan siswa yang lulus melalui jalur prestasi akademik atau SNMPTN.

“Hingga saat ini masih minim jumlah sekolah yang mengisi PDSS. Padahal, bagi siswa pendaftar yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN tidak diperbolehkan mendaftar lagi ke jalur SBMPTN," kata Ravik, Senin 21 Januari 2019.***

Bagikan: