Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Hujan singkat, 22.5 ° C

Masa Jabatan Kadisdik Kota Bandung Berakhir, Elih Pulang ke UPI

Catur Ratna Wulandari
Kadisdik Kota Bandung Elih Sudiapermana/DOK HUMAS PEMKOT BANDUNG
Kadisdik Kota Bandung Elih Sudiapermana/DOK HUMAS PEMKOT BANDUNG

BANDUNG, (PR).- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung Hikmat Ginanjar menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung. Penugasan itu setelah Elih Sudiapermana mengakhiri masa tugasnya sebagai kepala dinas.

Elih mengatakan, masa jabatannya memang berakhir pada 28 Januari 2019. Masa jabatan itu mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang mengatur jabatan pimpinan tinggi pratama, diantaranya kepala dinas, berlaku untuk lima tahun, selanjutnya bisa dievaluasi.

"Saya menyerahkan evaluasi itu, mungkin setelah berbagai pertimbangan, kemarin saya dipanggil ke pendopo untuk penyerahan SK," kata Elih ditemui di Dinas Pendidikan Kota Bandung, Selasa 29 Januari 2019.

Ia mengatakan, dalam SK yang diterimanya disebutkan pemberhentiannya dari jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung karena batas waktu. Selanjutnya, status kepegawaiannya diserahkan kembali kepada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Elih tercatat sebagai lektor kepala di UPI sejak 14 tahun silam.

"Kalau kepala dinas batas pensiun saya 60, tapi sebagai lektpr kepala batasnya 65 tahun," ujarnya.

Kembali ke UPI, Elih bertekad bisa melanjutkan karirnya hingga menjadi furu besar. "Saya yang lahir di dunia perguruan tinggi punya cita-cita untuk bisa sampai jadi guru besar. Kalau guru besar pensiunnya sampai 70 tahun," tuturnya.

Disangka saudara Ridwan Kamil

Elih tergolong cukup lama mendapat penugasan di birokrasi sebelum akhirnya kembaki ke UPI. Sebelum menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, ia pernah menjabat sebagai Kasubdit di Direktorat Pendidikan Kesetaraan dan Direktorat Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia menjabat sebagai Kadisdik atas penunjukan langsung Wali Kota Bandung saat itu, Ridwan Kamil. Penunjukkan itu dilakukan setelah dua kali lelang jabatan tak membuahkan hasil. Saat mendapat penugasan dari Rektor UPI ketika itu, ia sempat menolak. Namun kemudian ia diminta menemui Ridwan Kamil dan Oded M. Danial. 

"Saya tidak pernah kenal sebelumnya (dengan Ridwan Kamil dan Oded). Banyak yang menduga saya punya hubungan saudara, padahal tidak," ujarnya.

Sementara Hikmat Ginanjar yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung. Ia juga pernah menjabar sebagai Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung.***

Bagikan: