Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Umumnya berawan, 25.9 ° C

Ridwan Kamil Belum Putuskan 13 Nama Anggota Dewan Pendidikan Jawa Barat

Catur Ratna Wulandari
RIDWAN Kamil.* /DOK PR
RIDWAN Kamil.* /DOK PR

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih meneliti  26 nama hasil seleksi Panitia Pemilihan Dewan Pendidikan Jawa Barat. Ia ingin memastikan 13 nama yang akan dipilih mampu mewakili tiap jenjang pendidikan.

"Masih diteliti karena saya butuh kalau TK siapa, tiap jenjang harus ada perwakilannya," kata Ridwan ditemui usai menghadiri Dies Natalis ke-64 Universitas Katolik Parahyangan, Kamis 17 Januari 2019.

Ia ingin, Dewan Pendidikan Jawa Barat bisa membantunya mengambil keputusan. "Tugas pemimpin mengambil keputusan, tugas Dewan Pendidikan menasihati supaya saya tidak salah mengambil keputusan," katanya.

Seharusnya 13 nama anggota Dewan Pendidikan Jawa Barat yang dipilih Gubernur Jabar diumumkan pada 31 Desember 2018 lalu. Namun pengumuman itu ditunda tanpa batas waktu. "Tidak ada urgensi waktu. Kita sedang menyesuaikan dengan kebutuhan. Nanti juga kalau sudah beres saya umumkan," katanya.

Penundaan pengumuman itu disampaikan oleh Ketua Panitia Pemilihan DPJB Sonny S Adisudarma pada Senin 31 Desember 2018 lalu melalui situs www.jabarprov.go.id. Dalam pengumuman itu tak disebutkan kapan pengumuman seleksi akan dilaksanakan. Pengumuman itu juga tak menjelaskan alasan penundaan.

"Kami sampaikan kepada seluruh peserta seleksi Dewan Pendidikan Provonsi Jawa Barat tahun 2018, bahwa pengumuman hasil seleksi akhir yang semula akan disampaikan pada hari Senin, 31 Desember 2018, ditunda sampai dengan pengumuman selanjutnya. Panitia Pemilihan Dewan Pendidikan Provinsi Jawa barat mohon maaf atas penundaan jadwal dimaksud," demikian binyi pengumuman tertulis itu.

Panitia pemilihan telah menyerahkan 26 nama yang akan dipilih oleh Gubernur Jabar. Menurut panitia, orang-orang tersebut mempunyai kemampuan yang beragam, ada yang menguasai pendidikan dasar, menengah, pendidikan tinggi, pesantren, dan berbagai aspek lain yang diperlukan untuk menjadi anggota DPJB. 

Proses penjaringan calon anggota Dewan Pendidikan Jawa Barat sudah berlangsung sejak akhir November secara terbuka. Sebanyak 58 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Selanjutnya disaring lagi lewat seleksi portofolio. Hasilnya 44 nama dinyatakan lolos. Mereka kemudian mengikuti tes wawancara. Dari sana kemudian panitia pemilihan menyaring 26 nama untuk disodorkan kepada Gubernur Jabar. 

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Dewan Pendidikan Provinsi beranggotakan 13 orang yang ditetapkan oleh Gubernur. Panitia pemilihan mengusulkan paling banyak 26 nama calon anggota Dewan Pendidikan untuk selanjutnya dipilih dan ditetapkan gubernur. Usulan nama itu setelah mendapat usulan dari organisasi profesi pendidik, profesi lain, atau organisasi kemasyarakatan.***

Bagikan: