Pikiran Rakyat
USD Jual 14.288,00 Beli 13.988,00 | Sebagian cerah, 20.3 ° C

Unpad Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri untuk Sarjana Akademik

Catur Ratna Wulandari
Gedung Rektorat Unpad.*/ADE MAMAD/PR
Gedung Rektorat Unpad.*/ADE MAMAD/PR

BANDUNG, (PR).- Tahun ini Unpad (Universitas Padjadjaran) membuka jalur seleksi mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru. Sebelumnya, jalur mandiri hanya diberlakukan di sejumlah program studi sarjana terapan.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Syauqi Lukman mengatakan, mulai tahun 2019, seleksi mandiri yang disebut dengan Seleksi Masuk Universitas Padjadjran (SMUP) akan dibuka untuk jenjang sarjana akademik.

"Ini membuka lebih luas kesempatan bagi calon mahasiswa," katanya di sela-sela acara Education Expo di SMAN 20 Kota Bandung, Rabu 9 Januari 2019.

Ia menjelaskan, jalur mandiri sebelumnya sudah ada. Namun sebelumnya SMUP hanya dibuka untuk sarjana terapan atau D4.

Beberapa program studi terapan itu antara lain Akuntansi Perpajakan, Administrasi Publik, Administrasi Pemerintahan, Manajemen Produksi Media, dan Kebidanan.

Pelaksanaan SMUP akan digelar setelah SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri) maupun SBMPTN (Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri).

Detil teknisnya akan dijelaskan lebih lanjut. "Informasi lebih lengkap terkait jalur mandiri akan kami sampaikan dalam sosialisasi resmi dari Unpad dalam waktu dekat," tuturnya.

Rencananya, penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPTN sebanyak 25 persen sedangkan dari SBMPTN 50 persen. Jalur SMUP dialokasikan sebanyak 25 persen.

Syauqi Lukman mengatakan, keputusan untuk membuka jalur mandiri juga berdasarkan masukan masyarakat. Kampus-kampus lain sudah terlebih dahulu membuka jalur mandiri.

ITB juga

Keputusan membuka jalur mandiri juga diambil oleh Institut Teknologi Bandung. Mulai tahun ini, ITB membuka seleksi mandiri selain SNMPTN dan SBMPTN.

”Adanya seleksi mandiri disebabkan banyaknya peserta SNMPTN dan SBMPTN yang memiliki nilai tinggi tetapi tersisihkan atau tak lulus,” kata Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB Mindriany Syafila pada jumpa pers Desember lalu.

Dia mengatakan, pembukaan seleksi mandiri disebabkan adanya pembenahan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan Kemenristekdikti.

Seleksi mandiri ITB memiliki persyaratan terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sama dengan mereka yang lolos SNMPTN dan SBMPTN yakni antara Rp 0 sampai Rp 12,5 juta per semester. Sementara UKT Sekolah Bisnis dan Manajemen antara Rp 0 sampai Rp 20 juta per semester.***

Bagikan: