Pikiran Rakyat
USD Jual 14.413,00 Beli 14.315,00 | Cerah berawan, 24.4 ° C

Besok, Bakal Calon Rektor Unpad 2019-2024 Diumumkan

Catur Ratna Wulandari

BANDUNG, (PR).- Hari terakhir pendaftaran calon Rektor Universitas Padjadjaran, panitia telah menerima tujuh orang pendaftar. Besok, Panitia Pemilihan Rektor akan mengumumkan bakal calon Rektor Unpad 2019-2024 yang lolos seleksi administrasi.

Sampai dengan Senin, 27 Agustus 2018, pukul 15.00 WIB, jumlah pendaftar berjumlah tujuh orang. Semuanya berasal dari kalangan internal Unpad, dengan rincian Fakultas Kedokteran 2 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 3 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1 orang, dan Fakultas Hukum 1 orang.

"Tampaknya tahun ini belum ada pendaftar dari luar Unpad," kata Wakil Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unpad Yanyan M. Yani kepada "PR", Senin, 27 Agustus 2018.

Pemilihan rektor ini merupakan yang pertama setelah Unpad berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Sebenarnya calon Rektor Unpad kini terbuka luas untuk masyarakat, bukan hanya dari kalangan internal Unpad.

Ada perubahan mekanisme pemilihan Rektor Unpad periode 2019-2024 ini. Rektor Unpad tidak lagi dipilih oleh Senat, melainkan oleh MWA.

Mereka yang berminat mendaftarkan diri sebagai calon Rektor Unpad harus berpendidikan minimal S3 dan mempunyai jabatan sebagai rektor kepala. Calon rektor juga harus berusia kurang dari 60 tahun saat pelantikan. 

Selasa, 28 Agustus 2018, panitia akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan bakal Calon Rektor Unpad. Penetapan itu berdasarkan seleksi administrasi yang juga digelar pada masa pendaftaran.

"Kalau administrasi lolos semua bisa jadi bakal calonnya tujuh, atau mungkin lebih jika hari ini (Senin) masih ada yang mendaftar," tuturnya.

Yanyan mengatakan, tujuh nama pendaftar masih belum bisa dibuka ke publik. Panitia baru akan mengumumkan setelah menetapkan bakal calon Rektor Unpad.

Bakal calon yang sudah ditetapkan akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada 31 Agustus sampai 6 September.

Selanjutnya, bakal calon rektor harus mengikuti uji kompetensi pada 3-17 September. Selanjutnya, panita akan menetapkan dan mengumumkan calon rektor pada 17 September 2018.

Setelah itu, tahap pemilihan dan penetapan Rektor Unpad dilaksanakan pada 18 September - 11 Oktober. Puncaknya, rektor terpilih akan dilantik pada 2 April 2019.***

Bagikan: