Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan singkat, 24.5 ° C

Beasiswa Sampai Lulus S1 Tersedia bagi Mahasiswa Peraih Medali Asian Games

Dhita Seftiawan

JAKARTA, (PR).- Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menjanjikan beasiswa bagi mahasiswa yang menjadi atlet dan berprestasi dalam perhelatan Asian Games 2018. Mahasiswa peraih medali emas, perak dan perunggu tersebut akan dibebaskan dari biaya kuliah hingga lulus sarjana atau jenjang S1.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, dengan dijanjikan beasiswa, diharapkan semua atlet yang berstatus mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta dapat melipat gandakan semangat dalam bertanding. Menurut dia, Kemenristekdikti juga akan menyiapkan bonus berupa uang pembinaan selain beasiswa. 

“Beasiswa tersebut sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kami terhadap para mahasiswa yang berprestasi di tingkat internasional, tidak terkecuali mahasiswa yang menjadi atlet di Asian Games 2018. Kami jamin beasiswa bagi mahasiswa yang mendapatkan juara 1,2 dan 3 di Asian Games,” kata Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Senin 6 Agustus 2018.

Nasir mengaku belum mengetahui pasti jumlah mahasiswa yang masuk dalam kontingen Indonesia. Kendati demikian, sejumlah perguruan tinggi diketahui telah memiliki sejarah dalam melahirkan dan membina atlet di berbagai cabang olah raga. "Belum tahu datanya, tapi paling banyak dari Universitas Negeri Jakarta. Ada juga dari Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, semua ada,” ujar Nasir.

Ajang multieven 4 tahunan untuk tingkat Asia tersebut akan digelar 18 Agustus-2 September 2018, di Jakarta dan Palembang. Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya setelah 1962. Asian Games 2018 mempertandingkan 465 nomor dari 40 cabang olah raga. “Untuk itu, pemerintah menurunkan atlet-atlet terbaik termasuk dari kalangan mahasiswa,” ucapnya.

Harmoni Indonesia



Pada Minggu 5 Agustus 2018, tak kurang dari 100 ribu mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di 34 provinsi turut menyemarakan acara Harmoni Indonesia di Gelora Bung Karno. Mereka menyanyikan beragam lagu nasional dengan arahan dari dirijen Addie MS. 

Paduan suara mahasiswa tersebut diawali dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan Lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Lagu Garuda Pancasila, lagu Rayuan Pulau Kelapa, dan diakhiri lagu Padamu Negeri. Selain paduan suara mahasiswa, acara ini juga dimeriahkan paduan suara pelajar, santri dan TNI/Polri.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa ada tiga alasan diadakannya Harmoni Indonesia 2018.“Pertama, dalam rangka memperingati 73 Tahun Indonesia Merdeka. Kedua untuk memberi semangat atlet- atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018. Ketiga agar sukses baik secara prestasi atlet maupun penyelenggaraannya,” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, bahwa alasan lain diselenggarakannya kegiatan Harmoni Indonesia 2018 yakni untuk memupuk semangat persatuan, kerukunan, kebangsaan, nasionalisme yang merupakan aset terbesar bangsa indonesia. Seluruh peserta paduan suara baik dari di 34 provinsi dan 6 KBRI terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.***

Bagikan: