Pikiran Rakyat
USD Jual 14.006,00 Beli 14.104,00 | Cerah berawan, 27.4 ° C

Pencetakan Naskah Soal USBN Rampung

Dhita Seftiawan
JAKARTA, (PR).- Pencetakan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis kertas pensil 2016/2017 telah selesai dan mulai didistribusikan ke sejumlah daerah. Pendistribusian naskah soal diprioritaskan untuk daerah terpencil, tertinggal dan terluar seperti Papua, Papua Barat, Ambon dan Maluku. Saat ini, naskah soal sudah berada di tingkat provinsi dan akan dikirim ke setiap sekolah pada H-3.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Totok Suprayitno menyatakan, naskah soal disimpan di dinas pendidikan provinsi. Menurut dia, pemerintah tidak lagi melibatkan polisi untuk mengamankan lokasi penyimpanan soal seperti tahun lalu.

“Bahkan pada saat pelaksanaannya, tidak akan melibatkan aparat berseragam lagi. Semua menjadi tanggung jawab pihak sekolah, termasuk keamanannya,” ujar Totok, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2017.

Pada tahun ini, penyelenggaraan UN masih digelar dengan dua cara, yakni UNKP dan UN Berbasis Komputer (UNBK). Partisipasi peserta UNBK baru sekitar 49% dari total SMK/SMA dan SMP se-Indonesia.

Data dari Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud mencatat, hanya provinsi DI Yogyakarta yang mampu 100% menggelar UNBK. Kendati demikian, partisipasi UNBK meningkat lebih dari tiga kali lipat ketimbang tahun lalu.

“Pemerintah tidak akan memaksa sekolah yang belum siap UNBK. Jangan sampai karena memaksakan UNBK lalu menarik biaya dari siswa, itu tidak dibenarkan,” ujarnya.***
Bagikan: