Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 19.4 ° C

Hari Valentine, Murid SD Tulis Surat Cinta untuk Inggit Garnasih

ADA kegiatan unik di SDN Astana Anyar, Selasa 14 Februari 2017. Di sekolah yang berlamat di Jalan Liogenteng, Kota Bandung itu, digelar rangkaian acara yang dibuat komunitas New Castle Bandung. 

Peringatan tahunan Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit Garnasih setiap Februari dikaitkan dengan hari kasih sayang atau hari Valentine. 

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembukaan guru dan dilanjutnkan dengan sambutan dari ahli waris Ibu Inggit. Pada sambutan, diceritakan juga kisah ibu Inggit semasa hidupnya. Ketika sedang menceritakan kisah Ibu Inggit, ternyata para murid mengetahui tahun lahir ibu Inggit, mereka menyebutnya dengan suara keras serentak.

Acara kemudian berlanjut pada sesi menulis surat untuk Ibu Inggit. Para murid terlihat sangat antusias dengan adanya kegiatan itu. Mereka dengan senangnya mengungkapkan ucapan terima kasih dan rasa bangga yang ditulis dalam surat tersebut. Setelah menulis, penyelenggara memeberikan amplop kepada murid-murid untuk memasukan surat tersebut ke dalam amplop.

Setelah surat terkumpul, selanjutnya diserahkan kepada ahli waris ibu Inggit oleh perwakilan siswa SDN Astana Anyar. Penyelenggara lantas memberikan piagam penghargaan kepada sekolah. SDN Astana Anyar menjadi sekolah pertama yang mempersembahkan surat untuk Ibu Bangsa Inggit Ganarsih.

Perbedaan kegiatan ini dengan tahun sebelumnya adalah Kegiatan Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit kali ini melibatkan masyarakat sekitar dan melibatkan murid SD Astana Anyar . Masyarakat sekiatar pun senang mengikuti rangkaian kegiatan acara tersebut.

”Ciri khas dari kegiatan ini adalah karena pada momen Valentine. Daripada menulis surat cinta kepada, katakanlah, pacar, zaman sekarang kan anak-anak udah kenal cinta. Daripada seperti itu, lebih baik menulis untuk pahlawan. Ibu Inggit sosok ibu bangsa perintis negara yang agak terlupakan di sekolah,” ujar Sandi Syarif, salah satu panitia kegiatan Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit Ganarsih. (Syadati Syifa)***

Bagikan: