Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.4 ° C

Sarjana Harus Perhatikan Kaum Miskin

Sarnapi

BANDUNG,(PR).- Para sarjana Universitas Alghifari (Unfari) diingatkan untuk mengikuti jejak sahabat Rasulullah, Abu Dzar Alghifari, yang selalu menyantuni kaum fakir miskin. Para sarjana juga diingatkan untuk melihat hal-hal yang berada di bawahnya agar lebih bisa bersyukur.

"Unfari mengambil nama dari sahabat Rasulullah, Abu Dzar Alghifari sehingga para dosen dan alumni harus mengambil contoh dari perilaku sahabat tersebut," kata Rektor Unfari, Didin Muhafidin, dalam wisuda 126 sarjana baru Unfari di Hotel Grand Pasundan, Sabtu, 14 Januari 2017.

Wisuda dihadiri Sekda Jabar Iwa Karniwa, Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan, Kopertis Jabar Abdul Hakim Halim, dan Ketua Dewan Pembina Unfari Sali Iskandar. Wisuda diisi pula dengan orasi ilmiah Nata Irawan yang membahas soal pembangunan Indonesia dari desa-desa. 

Lebih jauh Didin menyatakan, Abu Dzar juga memberikan contoh untuk selalu tawadu atau rendah hati bukan malah sombong dengan ilmu yang telah diperolehnya. "Jangan sampai setelah menjadi sarjana malah tinggi hati dan tak mau dipanggil tanpa adanya gelar akademiknya," ucapnya.

Contoh baik lainnya dari Abu Dzar, menurut Didin, adalah selalu berzikir dengan "laa hawla walaa quwwata illa billah". "Maknanya tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah swt karena kita bisa kuliah sampai lulus juga karena kehendak-Nya," katanya.***

 

Bagikan: