Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Sebagian cerah, 26.8 ° C

Tanggapan Mendikbud Soal Batalnya Moratorium Ujian Nasional

Arie C. Meliala

JAKARTA, (PR).- Rencana moratorium Ujian Nasional yang dicanangkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan gagal terlaksana. Hal ini setelah Presiden RI Joko Widodo memutuskan Ujian Nasional (UN) 2017 tetap diadakan.

Kepastikan tersebut merupakan hasil Rapat Terbatas Kabinet yang membahas Ujian Nasional di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin 19 Desember 2016. Terkait gagalnya rencana moratorium UN, Muhadjir yang ditemui usai rapat enggan memberi penjelasan.

Padahal, biasanya menteri yang berkaitan dengan topik yang dibahas ikut menyampaikan hasil rapat terbatas melalui keterangan pers bersama Seskab. Muhadjir justru langsung meninggalkan Kantor Presiden.

"Tanyakan ke Seskab, tadi sudah dijelaskan Seskab. Karena sudah diputuskan, Seskab yang menyampaikan. Saya kan pembantu presiden," katanya saat dikejar  para jurnalis.

Setelah arahan presiden untuk tetap melanjurkan Ujian Nasional, Kemendikbud bergegas untuk menyiapkan pelaksanaan UN 2017. Muhadjir mengaku yakin, pemerintah masih dapat menyelesaikan tender UN 2017 dengan sisa waktu yang ada. "Insya Allah," katanya.

Sebelumnya Muhadjir berencana akan menghentikan sementara (moratorium) pelaksanaan ujian nasional.Rencana tersebut berdasarkan hasil kajian terkait pelaksanaan UN selama ini. Terdapat delapan alasan mengapa moratorium UN perlu dilakukan, yang disampaikan Mendikbud pada presiden beberapa waktu lalu. Sebelum akhirnya Presiden memutuskan UN tetap harus dilaksanakan.***

Bagikan: