Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 24.7 ° C

Karya Mahasiswa Dipamerkan di Open House FSRD Universitas Maranatha

Windy Eka Pramudya
OPEN House Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha (UKM) berlangsung di Gedung B UKM Jalan Surya Sumantri Kota Bandung mulai 7 sampai 9 Juni 2016. Puluhan karya yang dipamerkan menunjukan keragaman gagasan dan kreativitas.*
OPEN House Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha (UKM) berlangsung di Gedung B UKM Jalan Surya Sumantri Kota Bandung mulai 7 sampai 9 Juni 2016. Puluhan karya yang dipamerkan menunjukan keragaman gagasan dan kreativitas.*
BANDUNG, (PR).- Perkembangan seni dan desain bisa dilihat dari dunia kampus. Ide yang tumbuh kemudian diwujudkan dalam karya dengan latar belakang mahasiswa biasanya lebih orisinal. Pasalnya, mereka mendapat tuntutan untuk menyelesaikan tugas sehingga kreativas harus digali sedalam mungkin.

Hal inilah yang terlihat pada "Open House Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha (UKM)". Berlangsung di Gedung B UKM Jalan Surya Sumantri Kota Bandung mulai 7 sampai 9 Juni 2016, puluhan karya yang dipamerkan menunjukan keragaman gagasan dan kreativitas.

Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual UKM Dita Saraswati menyebutkan, karya yang dipamerkan merupakan tugas mata kuliah dan tugas akhir dari jurusan desain komunikasi visual (DKV), seni murni, dan D-3 fashion. Ada pula karya yang merupakan kolaborasi antara DKV dan desain interior. Untuk seni murni, kata Dita, karya yang ditampilkan belum terlalu banyak, yaitu kurang dari 15 lukisan karena tugas akhir yang masih berlangsung.

"Biasanya 'Open House FSRD' dilakukan dua tahun satu kali. Namun, mulai tahun ini rencananya akan digelar satu tahun sekali. Soalnya, open house kali ini juga menampilkan karya mahasiswa DKV yang akan spesifik dijuruskan," ungkap Dita, Kamis 9 Juni 2016.

Dari deretan karya seni rupa murni, lukisan karya seniman muda dipamerkan. Medium cat akrilik di atas kanvas menjadi medium utama yang dipakai. Tanpa ada keterangan nama pelukis serta judul karya, objek yang ditampilkan mewakili gaya abstrak, surealisme, dan naturalisme.

Dari karya seni lukis, gelar karya juga dilakoni mahasiswa DKV yang memamerkan rentetan karya desain grafis. Karya yang ditampilkan menunjukan karakter berkarya seperti ilustrasi dan desain iklan.

Salah satu karya yang ditampilkan adalah milik Stephanie. Dengan judul "Takut", Stephanie membuat ilustrasi untuk buku cerita. Gambar karya Stephanie berupa suasana malam yang didukung rumah terkesan kosong dengan cabang ranting pohon tanpa daun.

Di karya Alfred Yulio, desain grafis yang ditampilkan berupa gambar-gambar ilustrasi yang mendapat sentuhan digital. Salah satunya karya Alfredo untuk sampul buku "Luntung Kasarung dan Purbasari" yang berwarna biru muda. Dengan ilustrasi digital imaging, cerita rakyat dari tanah Sunda itu dikemas seperti baru untuk menarik minat anak-anak.***
Bagikan: