Pikiran Rakyat
USD Jual 14.116,00 Beli 14.214,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Unpas Bangun RS Pendidikan di Bandung Barat

Dewiyatini
BANDUNG,(PRLM).- Universitas Pasundan (Unpas) mulai membangun rumah sakit pendidikan di Kabupaten Bandung Barat mulai 2016. Hal itu sebagai prasyarat untuk mendirikan fakultas kedokteran.

"Rumah sakit itu kebutuhan untuk teaching hospital. Tetapi, kalau fakultas kedokteran sudah berdiri, kami dapat bekerja sama dengan rumah sakit lain," kata Rektor Unpas Eddy Jusuf seusai kegiatan seminar kepemudaan di Aula Fakultas Ekonomi Unpas, Jalan Tamansari, Kamis (4/2/2016).

Menurut Eddy, pendirian fakultas kedokteran itu sudah menjadi kebutuhan di Unpas. Eddy menyebutkan Unpas memiliki 25 program studi sarjana, tetapi belum ada kedokteran.

Pendirian rumah sakit di Kabupaten Bandung Barat juga sebagai bentuk upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sebelumnya, sempat dilakukan survey kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Kota Bandung, Kab. Bandung, dan Kab. Bandung Barat. Hasilnya, di wilayah Padalarang Bandung Barat, belum tersedia rumah sakit besar.

Fakultas Kedokteran ini merupakan salah satu prodi yang akan diusulkan setelah visitasi assesor pada Maret-April 2016. Prodi baru lain yang diusulkan antara lain magister biologi, Magister akuntansi, dan magister ilmu kelautan. (Dewiyatini/A-88)***
Bagikan: