Taliban Pamer Mobil Sport Pesaing Lamborghini dan Ferrari, Diberi Nama Mada 9

- 24 Januari 2023, 09:31 WIB
 Mada 9, Supercar buatan Taliban.*
Mada 9, Supercar buatan Taliban.* /Entopco

PIKIRAN RAKYAT - Taliban selama ini dikenal sebagai kelompok ekstremis Afghanistan. Kelompok ini diketahui kerap kali mengeluarkan aturan kontroversial.

Karena aksinya yang terlalu konservatif, Taliban tak hanya mendapatkan pertentangan dari warga Afghanistan, melainkan juga negara lain. Salah satu negara yang paling vokal melakukan perlawanan adalah Amerika Serikat.

Tapi, di Januari 2023, Taliban malah bikin heboh. Bukan karena aksi serangan dan teror pada warga, melainkan karena kreativitas mereka.

Diketahui perusahaan milik Taliban membuat mobil supercar yang diklaim menjadi produksi pertama dalam negeri Afghanistan, seperti apa spesifikasinya?

Baca Juga: Status Gunung Anak Krakatau Masih Siaga, Ketinggian Asap Capai 50 Meter

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Financial Express pada Selasa, 24 Januari 2023, mobil pertama supercar hasil kreativitas Taliban ini disebut Mada 9. Mobil ini dikembangkan oleh perusahaan manufaktur lokal di Kabul bernama Entop.

Taliban memperkenalkan Supercar yang diberi nama Mada 9.
Taliban memperkenalkan Supercar yang diberi nama Mada 9.


Secara dasar, mobil ini menggunakan basis dari Toyota yang dimodifikasi. Untuk spesifikasinya tak diketahui secara pasti, tapi mobil ini merupakan bentuk modifikasi dari Toyota Corolla tahun 2000.

Berbicara mengenai desainnya, tampilan dari Mada 9 ini mirip dengan supercar Eropa. Bagian fascia depan mobil ini sedikit mirip dengan Aston Martin. Tampilan ganas karena mobil menggunakan lampu depan LED yang sipit.

Velg mobil terlihat lebih sporty karena menggunakan model multi-spoke serba hitam. Di bagian samping, supercar ini tampil agresif dan berotot, melengkapi lampu belakang LED di bagian belakang. Tampilan semakin menyeramkan karena mobil ini dibuat dengan warna hitam pekat.

Baca Juga: ODGJ Bakar Masjid di Garut, Motif Pelaku Terungkap

Untuk membuat Mada 9, Taliban menggunakan 30 insinyur dan memakan waktu kurang lebih selama 5 tahun.

Entop selaku pengembang mobil ini menyatakan ada kemungkinan Mada 9 akan dijual ke luar negeri. Tapi hingga saat ini tanggal peluncuran mobil masih belum dikonfirmasi.

Juru Bicara dari Taliban, Zabihullah Mujahid menyatakan bahwa mobil ini dibuat sebagai bentuk penghormatan kepada negara Afghanistan.

Ia juga membagikan video Mada 9 melakukan atraksi donut di sebuah pertunjukkan.

Baca Juga: Verrell Bramasta Sebut Venna Melinda Sudah Urus Proses Perceraian

Meskipun tampilannya gagah seperti supercar Eropa. Tak diketahui secara pasti spesifikasi Mada 9 ini, apalagi pada bagian mesinnya.

Banyak media melaporkan bahwa mobil ini akan disiapkan menjadi supercar yang menggunakan tenaga listrik.

Seperti apa kira-kira spesifikasi lengkap dari supercar pertama Afghanistan ini. Kita tunggu saja peluncuran dari Mada 9 di masa depan.***

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x