Buat Pengendara Motor, Perhatikan Tips Aman Berikut Agar Terhindar dari Covid-19

- 10 Juli 2020, 07:00 WIB
Ilustrasi bekerja di masa new normal pandemi Covid-19 /Dokumentasi PT Daya Astra Motora (DAM) Honda

PIKIRAN RAKYAT - Di era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ada beberapa kebiasaan yang mulai harus diubah. Salah satunya yaitu saat berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Pasalnya, berkendara dengan menggunakan sepeda motor saat ini sudah menjadi kegiatan utama sebagian masyarakat dalam beraktifitas. Seperti ke tempat kerja ataupun melakukan aktifitas lain.
 
Untuk itu diperlukan kebiasaan baru dalam hal berkendara dengan sepeda motor di era new normal guna lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri dan orang lain agar terhindar Covid-19.
 
 
Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Selection Head PT Daya Adicipta Motora menyatakan, saat ini berbagai kegiatan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, tak terkecuali saat berkendara.
 
Ia menjelaskan selain harus tetap menggunakan riding gear agar aman saat berkendara,saat ini ada beberapa tambahan persiapan yang harus dilakukan oleh pengendara dalam melakukan  protokol kesehatan saat berkendara.
 
Salah satunya yaitu menggunakan masker saat berkendara.
 
 
"Masker berfungsi sebagai perlindungan utama dalam menghalau bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh kita," papar Ludhy dalam keterangan resminya pada Pikiran-Rakyat.com.
 
Selain masker Ludhy menambahkan ada tambahan lain yang harus digunakan rider di era new normal. 
 
Yaitu sarung tangan. Hal ini agar terhindar dari bakteri  atau virus yang kemungkinan  menempel di tangan saat dalam perjalanan.
 
 
Saat berkendara pun baiknya untuk tetap menjaga jarak dengan pengendara lain. Jarak yang terlalu dekat akan memperbesar resiko terjadinya kontak yang dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan.
 
"Setelah berkendara dan sampai di rumah, alangkah baiknya untuk mencuci semua perlengkapan riding gear yang kita gunakan. Hal ini untuk membunuh kuman yang tidak baik untuk kesehatan kita," ungkap Ludhy.
 
Ia pun menambahkan untuk selalu menjaga kesehatan disarankan membawa hand sanitizer agar tangan selalu bersih dan kesehatan selalu terjaga.***

Editor: Alza Ahdira


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X