Beda dengan Indonesia, di Malaysia Motor Bermesin di Atas 150 CC Wajib Dilengkapi Rem ABS

- 25 Mei 2022, 16:00 WIB
All New Honda PCX 160
All New Honda PCX 160 /Dok AHM

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Malaysia akan segera mengeluarkan aturan terbaru terkait keselamatan berkendara pada sepeda motor mereka.

Aturan tersebut adalah adanya pengenaan wajib pengereman anti-lock braking system (ABS) pada sepeda motor dengan mesin 150 CC ke atas.

Jika aturan ini diberlakukan, maka motor seperti Yamaha Nmax, Honda PCX, Yamaha R15, Suzuki GSX-R150, dan Honda CBR150R wajib menggunakan rem dengan sistem ABS.

Aturan ini dibuat setelah adanya temuan yang dilakukan oleh Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia (MIROS) baru-baru ini.

Baca Juga: Jokowi Sebut Negara Susah Payah Pertahankan Harga Pertalite: di Singapura BBM Rp32.000

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Paultan pada Rabu, 26 Mei 2022, Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Seri Wee Ka Siong menjelaskan pemasangan ABS akan menjadi wajib digunakan pada motor yang dijual di Malaysia.

Sebelumnya, pemerintah Malaysia memberikan MIROS jangka waktu studi enam bulan untuk mempelajari manfaat dari pengereman ABS.

Menurut studi yang dilakukan oleh MIRSO pada sistem ABS, teknologi tersebut ditemukan berhasil mengurangi angka kecelakaan dan kematian yang melibatkan pengendara sepeda motor hingga 30 persen.

"Sistem pengereman anti-lock membantu mencegah sepeda motor tergelincir dan gagal menghindari bahaya di jalan," kata Datuk Seri Wee Ka Siong menjelaskan.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network