Formula 1 Tak Bersikap Soal Pembunuhan Floyd, Hamilton Layangkan Kritik Keras

- 1 Juni 2020, 17:18 WIB
LEWIS Hamilton berpose pada karpet merah seremoni Laureus World Sports Awards 2020 di Berlin pada 17 Februari 2020.* /AFP-ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Juara dunia enam kali Lewis Hamilton menyuarakan keprihatinannya terhadap insiden terbunuhnya warga kulit hitam, George Floyd, oleh polisi Amerika Serikat.

Pembalap asal Inggris itu pun mengkritik Formula 1 karena diam tak bersikap atas kematian Floyd.

Kematian warga Minneapolis itu memicu serangkaian protes yang berujung kerusuhan di AS. 

Baca Juga: PSBB Tahap Ketiga, Ciayumajakuning Kerja Sama Pulihkan Ekonomi Daerah

Hamilton, orang kulit gelap pertama yang menjadi juara F1, banyak menghabiskan waktu di AS dan bicara soal isu tersebut lewat Instagram Story pada Minggu, 31 Mei 2020.

"Aku melihat kalian yang tetap berdiam diri, beberapa dari kalian para bintang besar tetap diam di tengah ketidakadilan," tulis sang pebalap Mercedes seperti dilansir Reuters, Senin 1 Juni 2020.

loading...

"Tak ada tanda dari orang-orang di industriku yang tentunya didominasi (kulit) putih. Aku satu-satunya orang kulit berwarna di sana dan tetap berdiri sendiri. Aku tadinya mengira jika kalian melihat kenapa ini terjadi dan mengatakan sesuatu tentang itu tapi kalian tak berada bersama kami. Baru sekarang aku tahun siapa kalian...dan aku melihat kalian," cuit Hamilton.

Baca Juga: Bayern Munich Bersiap Rekrut Dua Pemain Sekaligus, Sane jadi Sorotan karena Banyak Tingkah

Hamilton melanjutkan di posting-an keduanya:"Aku tak mendukung mereka yang menjarah dan membakar gedung-gedung tapi kepada mereka yang melakukan protes dengan damai. Tak akan ada damai hingga para pemimpin kita membuat perubahan," katanya.

Pebalap muda McLaren Lando Norris menjadi salah satu pebalap yang menyatakan suaranya. Lewat platform streaming Twitch kompatriot senegara Hamilton itu mengatakan, "tanda tangani petisi BLM #BLACKLIVESMATTER".

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X