Selasa, 2 Juni 2020

Pemerintah Klaim Pabrik Mobil di Indonesia Siap Produksi Ventilator Untuk Pasien COVID-19

- 6 April 2020, 17:21 WIB
PEKERJA merakit mesin mobil di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019. Pada tahapan pertama pabrik mobil Esemka PT Solo Manufaktur Kreasi telah menyerap tenaga kerja sebanyak 300 pekerja lulusan SMK hingga D3.*/ANTARA /null

PIKIRAN RAKYAT - Industri otomotif tanah air beberapa waktu lalu ditantang untuk memproduksi ventilator atau alat pernapasan bagi pasien COVID-19.

Kabar terbaru menyatakan, sejumlah pabrikan kini sudah menyetujui dan siap memenuhi permintaan pemerintah tersebut.

Hal ini seperti yang diungkap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli.

Baca Juga : Pemerintah Minta Produsen Otomotif Produksi Ventilator, Bantu Korban Virus Corona

Dalam keterangan persnya Putu menjelaskan, sudah ada industri otomotif yang penuhi permintaan, dan pemerintah mengapresiasi hal ini.

"Kami memberikan apresiasi kepada pelaku industri yang menyambut baik terhadap upaya kemanusiaan ini. Semoga produksi ventilator nantinya bisa menjadi solusi untuk mempertahankan kinerja sektor otomotif di tengah kondisi sulit sekarang,” papar Putu.

Ia menjelaskan, saat ini pabrikan tengah mengupayakan dengan menjalin kerja sama bersama industri komponen untuk melakukan reverse engineering.

Baca Juga : Bantu Pemerintah Atasi COVID-19, TDR Terapkan Kebijakan Work From Home

Hal ini untuk mengembangkan prototipe ventilator yang akan dibuat.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X