MotoGP 2020 Ditunda, Homologasi Mesin Dilakukan dari Jarak Jauh

- 24 Maret 2020, 08:01 WIB
PENYELENGGARA MotoGP akan melakukan homologasi mesin dan dua fairing secara jarak jauh di musim 2020 karena COVID-19 /Instagram.com/@cota_official

PIKIRAN RAKYAT - MotoGP mengonfirmasi bahwa akan ada perubahan terkait aturan homologasi mesin pada musim ini yang terjadi karena persebaran COVID-19.

Dikarenakan pembatalan ajang GP Qatar yang seharusnya jadi balapan pembuka, maka kebijakan homologasi tidak bisa dilakukan sesuai rencana.

Oleh karena itu, pihak MotoGP telah mengumumkan bahwa homologasi akan dilakukan secara jarak jauh.

Baca Juga: Formula 1 Targetkan Belasan Balapan, Mulai dari Musim Panas 2020

Itulah yang diumumkan oleh pihak MotoGP pada Senin 23 Maret 2020.

"Ada sejumlah pertanyaan yang ditimbulkan oleh wabah virus corona yang sedang berlangsung serta penundaan kompetisi berikutnya untuk kejuaraan dunia MotoGP. Dan satu diantaranya adalah soal homologasi teknis," bunyi pernyataan MotoGP dikutip Pikiran-Rakyat.com dari MotoGP

Diketahui bahwa homologasi dilakukan untuk memastikan agar tim di kelas utama tetap menggunakan mesin yang sama sepanjang musim.

Selain itu, setiap pembalap juga diberikan batasan berupa 2 buah fairing tiap musimnya.

Baca Juga: Bicara Tentang Jorge Lorenzo, Michele Pirro: Dia Membawa Banyak Hal bagi Ducati

Pengecualian aturan ini hanya terjadi untuk tim yang memenuhi syarat untuk mengajukan hak konsesi dimana mereka boleh mengembangkan mesin motor sepanjang tahun. KTM dan Aprilia adalah dua tim pabrikan yang mengajukan hak konsesi.

Halaman:

Editor: Alza Ahdira

Sumber: Situs Resmi MotoGP


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X