Rabu, 8 April 2020

Mendukung Ramah Lingkungan, MotoGP Diprediksi Kembali ke Mesin 2-Tak

- 16 Januari 2020, 19:17 WIB
KEBIJAKAN Formula 1 untuk kembali menggunakan mesin 2 tak di masa depan diperkirakan akan mempengaruhi balap MotoGP untuk melakukan hal serupa /instagram.com/@panagiotis

PIKIRAN RAKYAT - Kabar mengejutkan datang dari ajang balap Formula 1.

ajang balap jet darat tersebut diketahui mencanangkan program mobil bebas karbon untuk tahun 2030. Dan untuk mendukung ini, kemungkinan di masa depan mobil balap F1 akan kembali menggunakan mesin 2-tak.

Langkah F1 ini nampaknya bisa juga menjadi momentum bagi balap MotoGP untuk kembali menggunakan mesin 2-tak.

Baca Juga: Yuk, Percantik Penampilan Diri Sambut 2020 dengan Promo dari Traveloka Xperience!

Dikutip tim Pikiran-Rakyat.com dari Visordown, balapan 2-tak sudah pernah dikenal ada di MotoGP sejak jaman dulu dengan menggunakan mesin berkapasitas 500 cc, 250 cc, dan paling kecil 125 cc.

Pada saat itu pembalap-pembalap yang paling berkuasa adalah nama seperti Barry Sheene, Freddie Spencer, Wayne Rainey, Mick Doohan, Kevin Schwantz, dan pembalap lainnya.

Bahkan pembalap senior yang hingga kini masih bertanding, Valentino Rossi sempat merasakan indahnya Juara Dunia di kelas 500 cc 2-tak pada tahun 2001.

Balap MotoGP 500 cc 2-tak ini kemudian dihentikan pada tahun 2002 dan diganti dengan mesin 4 tak dengan kapasitas mesin 990 cc.

Baca Juga: Musim 2020, Ada 3 Rider yang Tentukan Nasibnya di MotoGP

Saat ini para teknisi Formula 1 sedang memikirkan cara untuk membangkitkan mesin 2-tak agar bisa digunakan kembali untuk berkompetisi.

Halaman:

Editor: Alza Ahdira

Sumber: visor down

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X