Selasa, 18 Februari 2020

Lepas Isuzu Traga ke Filipina, Jokowi Targetkan Ekspor Mobil 1 Juta Unit per Tahun

- 12 Desember 2019, 13:35 WIB
SEJUMLAH pekerja melakukan proses perakitan Isuzu Traga sebelum diekspor di Karawang Timur, Jawa Barat, Kamis, 12 Desember 2019.* /Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

KARAWANG, (PR).- Presiden Joko Widodo melepas ekspor Perdana Isuzu Traga ke Filipina, di Kawasan Industri Surya Cipta Karawang, Kamis, 12 Desember 2019. Dia meminta kalangan produsen otomotif di Indonesia terus meningkatkan ekspor mobil sampai 1 juta unit.

Ia menyebutkan target itu harus dikejar dalam tiga tahun ke depan.

"Fokus kerja pemerintah saat ini adalah mengurangi impor dan meningkatkan ekspor. Dengan demikian angka defisit perdagngan kita bisa ditekan," katanya.

Baca Juga: Edhy Cabut Larangan Ekspor Lobster, Susi Pudjiastuti: Jangan Kufur Nikmat

Menurut dia, saat ini angka ekspor mobil baru mencapai 3.000 unti per tahun. Di tahun 2004 angka ekspor mobil harus sudah tembus 1 juta unit.

Dijelaskan, selama ini ada beberapa kalangan yang pesimis dengan angka-angka perdagangan. Padahal, hal itu bisa dilenyapkan melalui target kerja yang terukur dan terstruktur.

"Hari ini Isuzu mengekspor 6000 unit Isuza Traga ke Filipina. Janji pihak Astra motor, dalam tiga tahun mendatang bisa mengekspor Isuzu Traga ke 20 negara lainnya. Baik di kawasan Asia, Timur Tengah, dan Afrika," ujar Jokowi.

Baca Juga: Terungkap Alasan Mercedes Benz Pilih Rakit 2 Mobil Jenis SUV Terbarunya di Indonesia

Dijelaskan dengan meningkatnya pepnjualan ke luar negara, maka penyerapan tenaga kerja pun akan semakin banyak. Dan jika angka perdagangan sudah surplus, maka
Indonesia tarung dengan negara manapun berani.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X