Selasa, 28 Januari 2020

Miliki Ojek Online, Jabar Curi Start Songsong Era Kendaraan Listrik

- 6 November 2019, 23:02 WIB
null

ERA kendaraan listrik akan segera dimulai. Kian menyusutnya cadangan energi fosil dan semakin masifnya pengembangan kendaraan motor listrik membuat moda transportasi tersebut digadang-gadang sebagai masa depan Indonesia.

Curi start, sebelum perkembangan kendaraan listrik semakin masif, Jawa Barat (Jabar) sudah mendahului dengan sudah memiliki ojek online berbasis motor listrik pertama di Indonesia. Uniknya lagi, berbeda dengan penyedia jasa transportasi online lainnya, ojek online motor listrik bernama Nura ini dikembangkan dengan menggandeng masjid.

Bisnis Partner PT Arindo Pratama, Erman Sumirat, mengatakan, dipilihnya masjid sebagai mitra bisnis karena pihaknya ingin membangun ekonomi umat. Dengan demikian, masjid bisa mandiri dan makmur tanpa mengandalkan bantuan umat.

"Nantinya masjid akan dititipkan satu unit motor listrik. Selain untuk ojek online, motor listrik ini juga akan digunakan untuk mengantarkan sembako," ujarnya, di Bandung, Rabu, 6 November 2019.

Pasalnya, menurut dia, selain transportasi online, Nura juga diperkaya dengan fitur sembako online dan PPOB. Untuk sembako online, pihaknya bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Aplikasinya bernama Waserba Nura. Sementara motor listriknya bernama Nura," kata Erman.

Untuk skema bisnisnya, menurut dia, masjid akan mendapatkan pinjaman unit motor listrik. Masjid juga akan dipasok sembako untuk dipasarkan kepada jamaahnya.

Ia memastikan, masjid tidak dipungut investasi awal. Sementara untuk skema keuntungan akan dilakukan dengan cara bagi hasil, dimana masjid akan mendapatkan keuntungan antara 50%-60%. 

Pada tahap awal, pihaknya menitipkan 15 motor listrik ke sejumlah masjid di Jabar. Beberapa diantaranya adalah di Kota Bandung, Kab. Bandung Barat, Bekasi, Karawang, Sumedang, dan kabupaten/kota di kawasan Pantai Utara (Pantura).

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X