Minggu, 15 Desember 2019

Pemasaran Oli Resmi Daihatsu Secara Daring Tembus Rp 300 Juta per Bulan

- 19 Juli 2019, 18:16 WIB
ANJAR Rosjadi, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).*/ASEP BUDIMAN/PR

TANGERANG, (PR).- Pemasaran oli resmi Daihatsu melalui marketplace semakin diminati oleh konsumennya di seluruh Indonesia. Terbukti, sejak kerja sama stratregis Daihatsu dan Blibli.com, penjualan Daihatsu Genuine Oil membukukan omzet sekitar Rp 300 juta per bulan sejak awal 2019 hingga sekarang.

"Penjualan online mencapai sekitar Rp 300 juta per bulan, ekspektasi dengan program Blibli, harapan tambah 1.000 liter selama GIIAS 2019," ucap Anjar Rosjadi, Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di booth Daihatsu GIIAS 2019, Tangerang, Banten, Jumat 19 Juli 2019.

Seperti diketahui, terjadi peralihan pola belanja masyarakat, terutama generasi milenial, dari pasar offline ke online (daring). Perubahan pola belanja itu menuntut Daihatsu untuk mengikuti kebiasaan baru sebagian masyarakat untuk menyediakan suku cadang dan oli resmi Daihatsu melalui platform daring.  

Kendati baru memasarkan produknya secara daring melalui Blibli.com sejak awal 2019, Daihatsu mencatatkan tren penjualan yang positif dan terus meningkat. "Kontribusi penjualan Daihatsu Genuine Oil secara online 25%," ucap Anjar.

Lay Ridwan Gautama, Senior Vice President Trade Partnership Blibli.com menyatakan, pihaknya sudah kerja sama strategis sejak awal tahun. Perbedaan marketplace ini adalah mengusung konsep online mall yang memastikan toko yang menjual tepercaya dan kualitas barangnya terjamin, seperti suku cadang dan oli resmi Daihatsu.

Dia menjelaskan, target konsumen berkisar usia 25-45 tahun, sedangkan anak muda yang disasar pada rentang 25-30 tahun. Generasi milenial menjadi sasaran pasar lantaran tren mereka yang kerap belanja melalui gawai.

"Ada customer behavior yang berubah, dengan belanja di Blibli bisa dapat poin, promo, upgrade dengan potongan dari kartu kredit, dll. Ke depan fasilitas click and collect, beli oli atau part tidak perlu dikirim, konsumen datang ke bengkel dan pasang, tapi sudah dibayar online," ujarnya.

Menurut Lay, komposisi transaksi untuk kategori otomotif masih didominasi unit kendaraan. Namun, dia melihat tren penjualan suku cadang kendaraan terus meningkat dengan kontribusi sekitar 20%, di mana penyumbang terbesar dari produk oli dan ban.***



Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

X