Rabu, 11 Desember 2019

Jimny Diproduksi Lokal? Indonesia Bersaing dengan India

- 9 Juli 2019, 15:36 WIB
JIMNY.*/DOK GLOBAL SUZUKI

BANDUNG, (PR).- Euforia Suzuki Jimny melanda pasar global membuat permintaannya sangat tinggi dan antrean inden yang panjang. India dispekulasikan siap memproduksi secara lokal mulai tahun 2020, dan Indonesia pun siap bersaing untuk pemasaran pasar Asia Tenggara.

Spekulasi seputar produksi lokal Jimny di India telah lama beredar. Generasi terbaru Jimny yang dijual secara internasional adalah perbaikan terbesar yang pernah ada.  
Perubahannya pada chassis dengan konfigurasi 4WD dan gearbox rentang rendah sambil mempertahankan pesona retro dengan grille horizontal, lampu depan bundar, posisi berkndara tinggi, dan velg sporty.

Permintaan secara global mobil untuk off-roader ini melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena memiliki interior paling modern daripada pendahulunya dengan kehadiran head unit layar sentuh, dukungan dual sensor brake dan peringatan keberangkatan jalur, dan fitur keselamatan lainnya.

Dapur pacu berkapasitas mesin 1.5 liter dengan kapasitas 1.462 cc dengan mesin berkode K15B. Dengan mesin 4 silinder segaris dan 16 katup bisa mengeluarkan tenaga sebesar 73 kW pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak bisa mencapai 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Bodinya tetap mungil dengan dimensi panjang 3.645 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.725 mm. Sumbu rodanya berjarak 2.250 mm dengan ground clearance cukup tinggi 210 mm.

Di Indonesia, tingginya permintaan Jimny sudah dimulai sejak diperkenalkan tahun 2018. Melihat animo yang begitu besar, agen pemegang merek Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menimbang peluang untuk memproduksi di dalam negeri.

4W Head of Brand Development & Marketing Research PT SIS, Harold Donnel mengatakan, secara kesiapan pabrik mumpuni untuk memproduksi Jimny, tetapi ada administrasi yang harus disiapkan kepada prinsipal.

"Gabungan pabrik di Tambun dan Cikarang berkapasitas produksi 250.000 unit, masih ada celah produksi 100.000 unit untuk produksi mobil baru seperti Jimny," ujar Harold baru-baru ini.

Jika Indonesia menjadi produsen, permintaan kawasan Asia Tenggara bisa terakomodasi. Namun, Indonesia kemungkinan akan bersaing dengan India yang juga berminat untuk melokalkan produk legendaris dari Suzuki itu.


Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Tags

Komentar

Terkini

X