Minggu, 31 Mei 2020

Tips Aman Bermanuver di Jalan Raya

- 18 April 2018, 14:58 WIB

PENGENDARA sepeda motor perlu menyadari bahwa mereka memiliki risiko atau lebih rentan mengalami kecelakaan dibandingkan dengan pemakai mobil. 

Di tengah kian meningkatnya angka kecelakaan, keamanan berkendara adalah hal yang mutlak diperlukan. Namun, etika berkendara serta kemampuan mengontrol medan berikut kendaraan yang digunakan tetap harus dikedepankan. Jika tidak, akan fatal akibatnya.

Pemotor kerap melakukan manuver di jalan raya mulai dari menyalip, menikung, atau bahkan pindah jalur. 

Jika kegiatan bermanuver itu dilakukan asal dan ceroboh, akan berbahaya bagi keselamatan berlalu lintas tidak hanya bagi dirinya tetapi juga pemakai jalan lainnya. 

Menurut Jusri Pulubuhu, instruktur kepala Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), kesalahan-kesalahan mendasar kerap menjadi awal petaka.

”Kesalahan mulai dari keliru mengantisipasi keadaan, hilang kontrol, atau melakukan akselerasi melebihi kondisi yang seharusnya. Selain itu, minimnya pengetahuan terkait dengan perlengkapan keamanan seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, hingga sepatu juga menjadi penyebab meningkatnya risiko cedera,” katanya.

Oleh karena itu, dalam satu sesi safety riding bersama Forwot di Bandung, Jusri memberi saran bahwa bermanuver de­ngan sepeda motor di jalan raya, pengendara harus mencondongkan tubuhnya ke arah tikungan yang dituju. Misal, jika ­ingin belok ke kanan, tubuh harus condong ke sebelah kanan. 

Sebelum menikung, pengendara juga harus mengamati jalanan tikungan berbentuk landai. Amati area tikungan sebelum menikung, sesuaikan kecepatan sebelum mengubah arah, belokkan kendaraan secara perlahan dan lakukan penyesuaian kecepatan. 

Pengendara sepeda motor dilarang menyalip kendaraan lainnya di tikungan, tanjakan, turunan, dan ketika sudut pandangan terhalang. 

Halaman:

Editor: Didih Hudaya


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X