Tidak Lolos Uji Emisi, Pemilik Motor dan Mobil di Jakarta Wajib Rogoh Kocek Rp500.000 Mulai 13 November 2021

- 27 Oktober 2021, 10:50 WIB
Uji emisi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta
Uji emisi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta /Pikiran-Rakyat.com/ Aldiro Syahrian

PIKIRAN RAKYAT - Pemprov DKI Jakarta akan segera memberlakukan aturan baru bagi seluruh pengguna mobil dan motor dalam periode dekat.

Mulai bulan depan, aturan uji emisi wajib diberlakukan bagi seluruh kendaraan roda dua dan roda empat yang melintas di daerah ibukota.

Tak lagi hanya diberikan himbauan, sanksi tilang akan menanti para pengendara yang tak patuh dengan aturan ini.

Hal tersebut sudah ditegaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada keterangannya baru-baru ini.

Baca Juga: Anak Rasa Sahabat, Anang Hermansyah Akui Berat Lepas Aurel Dinikahi Atta Halilintar: Nggak Bisa Lihat Dia Lagi

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Rabu, 26 Oktober 2021, sanksi tilang akan mulai diberlakukan pada para pelanggar uji emisi mulai 13 November 2021.

Syafrin Liputo menjelaskan pengendara yang melanggar akan dikenai tindakan pasal 285 dan pasal 286 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Adapun jika dilihat dari undang-undang tersebut, denda yang diberikan kepada para pelanggar terhitung cukup besar.

Untuk sepeda motor, bisa diberi denda maksimal hingga Rp250 ribu jika tak melakukan uji emisi. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, bisa dikenai tilang maksimal Rp500 ribu untuk satu pelanggaran.

Halaman:

Editor: Aldiro Syahrian


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X